Membelot di Pilkada Tasikmalaya, Kader PKB: Kami Siap Copot Seragam

Asep Juhariyono ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 21:35 WIB
Membelot di Pilkada Tasikmalaya, Kader PKB: Kami Siap Copot Seragam
Para mantan pengurus DPC dan kader PKB di Kabupaten Tasikmalaya menyatakan dukungan kepada mantan ketua PKB Haris Sanjaya yang menjadi Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Azis Rismaya di Pilkada Tasikmalaya. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id - Sebanyak 39 orang mantan pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tasikmalaya dan kader tetap memilih mantan ketua PKB Haris Sanjaya yang menjadi calon wakil bupati Azis Rismaya di Pilkada Tasikmalaya. Mereka bersikeras mendukung paslon usungan Partai Gerindra-Demokrat itu dan membelot dari Surat Keputusan (SK) rekomendasi DPP PKB mendukung Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos.

Wakil Sekretaris DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, Dede Ruhiat mengatakan, sebagai kader PKB yang sudah puluhan tahun bersama Haris Sanjaya, mereka ingin menegaskan dukungan mereka kepada pria yang akrab disapa Kang Haris itu.
Pihaknya pun siap menerima apapun konsekuensi dari partai atas pilihan untuk mendukung Haris.

"Kang Haris sudah 22 tahun lebih, sudah dua periode menjadi sekretaris DPC, kemudian dua periode menjadi ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya. Kang Haris juga sudah sudah tiga periode menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya, bahkah pada periode terakhir kemarin menjabat wakil ketua DPRD," kata Dede Ruhiat, Sabtu (17/19/2020).

Dede mengatakan, ada 39 pengurus PAC yang masa baktinya sudah selesai karena faktor usia menyatakan dukungan kepada Haris Sanjaya di Pilkada Serentak 2020. Mereka optimistis paslon Azis Rismaya-Haris Sanjaya akan memenangkan Pilkada Tasikmalaya 2020.

"Kami yakin akan menang dan kami akan solid hingga pemungutan suara nanti. Selain itu, kami akan menerima semua konsekuensi apapun dari partai, termasuk jika harus mencopot baju seragam ini," katanya.

Hal serupa diungkapkan Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, Asep Hernandi. Dia mengklaim seluruh pengurus kecamatan di masa kepemimpinan Haris Sanjaya hingga saat ini tetap mendukung mantan ketua itu maju di Pilkada Tasikmalaya. Dia dan para pendukung pun siap menerima sanksi karena tidak mendukung SK rekomendasi DPP PKB.

"Saya yakin, suara terhadap Haris Sanjaya, akan tetap bisa penuh dan sesuai dengan hasil saat dia sukses membawa PKB jadi rangking kedua suara terbanyak di DPRD Kabupaten Tasikmalaya pada Pileg 2019 lalu," kata Asep.

Sementara itu Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, Momon Saman Kertajani, juga menegaskan perwakilan kader dan pengurus dari 39 kecamatan serta pengurus DPC tetap akan mendukung mantan ketua DPC PKB Tasikmalaya, Haris Sanjaya. Mereka menilai Haris terbukti sudah mampu menaikkan suara PKB pada Pileg 2019 lalu.

"Soalnya, Pak Haris kemarin terbukti sudah mampu menaikkan suara PKB pada Pemilu Legislatif 2019 lalu sampai peringkat kedua jumlah kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Tasikmalaya," kata Momon.

Menurut Momon, pengurus dan mantan pengurus DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya yang solid mendukung mantan ketuanya sekarang terus bergerak kepada seluruh kader hampir di seluruh desa di Kabupaten Tasikmalaya. Mereka meyakini Haris Sanjaya, yang dua periode menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya akan mampu memenangkan perhelatan pilkada.

Sebelumnya KPU Kabupaten Tasikmalaya telah menetapkan empat pasangan calon Pilkada Tasikmalaya. Adapun Paslon Nomor Urut 1, Azis Rizmaya Mahfud-Haris Sanjaya yang diusung Demokrat dan Gerindra. Paslon Nomor Urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin (PDIP dan PPP). Paslon Nomor Urut 3 Cep Zamzam Nur-Fadil Karsoma dari jalur perseorangan dan Paslon Nomor Urut 4, Iwan Saputra-Iip Miftahul Paos (Golkar, PKB, PAN, PKS dan Nasdem).


Editor : Maria Christina