Media Asing Soroti Strategi Ridwan Kamil Perangi Lonjakan Kasus Covid-19 

Agung Bakti Sarasa · Kamis, 22 Juli 2021 - 11:22:00 WIB
Media Asing Soroti Strategi Ridwan Kamil Perangi Lonjakan Kasus Covid-19 
Strategi Ridwan Kamil dalam memerangi lonjakan kasus Covid-19 di Jabar mendapat sorotan media asing. (Foto: Istimewa) 

Lewat kerja sama senilai Rp14 triliun antara BUMD PT Jasa Sarana dan Australia Docta dan Aspen Medical, Ridwan Kamil berencana membangun 23 rumah sakit baru dan 650 layanan kesehatan keliling. Proyek non-APBD ini direncanakan akan memulai pembangunan fisik pertama akhir 2021 ini.

"Penduduk Jawa Barat itu sekitar 50 juta, dua kali jumlah Australia. Tapi kalau saya lihat, rasio infrastrukturnya tidak baik. Saya tidak ingin mewariskan rasio layanan kesehatan yang tidak baik ini. Jadi sambil memerangi virus ini sejak tahun lalu, kita juga mempersiapkan masa depan layanan kesehatan yang lebih baik," kata Ridwan Kamil memberikan alasan.

Media Australia juga menulis, Ridwan Kamil yang masuk dalam kandidat calon Presiden 2024 memiliki modal penting jika mampu mengatasi pandemi ini. 

Mereka menulis, jika Presiden Jokowi bisa mengatasi pandemi ini, maka akan menjadi warisan berharga di era kepresidenannya. Sementara di sisi lain, Ridwan Kamil berambisi bisa menjadi contoh bagi provinsi lain, salah satunya lewat upayanya membangun infrastruktur dengan menambah 6.000 ranjang rumah sakit dalam waktu dua dekade tanpa APBD.

"Sebagai pemimpin saya harus berani ambil risiko. Saya tidak bisa menunggu yang lain," kata Ridwan Kamil. 

Editor : Asep Supiandi