Masjid Agung Bandung Bakal Gelar Salat Tarawih

Agus Warsudi ยท Rabu, 07 April 2021 - 18:47:00 WIB
Masjid Agung Bandung Bakal Gelar Salat Tarawih
Masjid Agung Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung bakal menggelar salat tarawih. (Foto: Dokumentasi)

BANDUNG, iNews.id - Masjid Agung Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung bakal menggelar salat tarawih selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah. Untuk itu, Pemkot Bandung tengah mengkaji teknis pelaksanaannya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Pak Sekda (Ema Sumarna) sedang mengkaji teknisnya (pelaksanaan salat tarawih) seperti apa," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Bandung, Selasa (6/4/2021).

Sementara itu, Ketua Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Mesjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja mengatakan, telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 selama pelaksanaan salat tarawih. "Pertama, protokol kesehatan jelas kami terapkan selama pelaksanaan salat tarawih," kata Muchtar kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Muchtar mengemukakan, selama ini salat Jumat dengan jumlah jamaah lebih besar dibanding  tarawih sudah dilaksanakan. Apalagi salat tarawih, diperkirakan jumlah jamaah tidak sebesar salat Jumat.

"Masjid Raya atau Masjid Agung Bandung ini tidak seperti masjid lain. Ini masjid migran. Di sekelilingnya ada para pedagang, orang kantoran, bahkan pendatang. Jadi saat Ashar (sore hari) ke sana (menjelang magrib) sudah pada pulang ke rumah. Jadi jumlah jamaah tarawih enggak akan lebih besar dari hari Jumat. Jadi bolehlah (salat tarawih). Cuma protokol harus kita perketat," ujarnya.

Ketua DKM Masjid Agung Bandung menuturkan, kapasitas mesjid Raya Agung, dapat menampung 14.000 jemaah. Namun semenjak pandemi Covid 19, setelah diperbolehkan untuk relaksasi di tempat ibadah, Masjid Raya Agung, membatasi jumlah jamaah yang melaksanakan ibadah. 

"Kalau salat Jumat itu 5.000. Jadi otomatis kurang dari 50 persen, apalagi tarawih. Itu paling banyak minggu awal 5.000. Seminggu ke depan sudah tinggal barisan depan," tutur Ketua DKM Masjid Agung Bandung.

Muchtar mengatakan, DKM tetap akan memberikan takjil gratis bagi mereka yang berbuka di Masjid Agung Bandung. Namun pembagian takjil gratis itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. 

"Itu (takjil) disiapkan dengan peraturan ketat. Kami mendatangi mereka. Biasanya takjil buka bersama berdempet, ngariyuung. Kalau sekarang jaga jarak. Panitia yang ngasih," ucap Muchtar.

Editor : Agus Warsudi