Masa Pencarian 8 Korban Gempa Cianjur Diperpanjang, Tim SAR Ubah Strategi

Asep Supiandi · Minggu, 04 Desember 2022 - 08:41:00 WIB
Masa Pencarian 8 Korban Gempa Cianjur Diperpanjang, Tim SAR Ubah Strategi
Tim SAR gabungan melakukan persiapan dalam operasi pencarian korban gempa Cianjur. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Operasi pencarian terhadap korban gempa Cianjur yang masih hilang diperpanjang hingga Selasa (6/12/2022). Perpanjangan pencarian ini dilakukan tim SAR gabungan karena masih terdapat 8 orang yang belum ditemukan serta permintaan keluarga korban.

Pencarian di hari ke-14 tetap difokuskan di sekitar Warung Sate Shinta dan RT 03/01 Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Pasalnya, di dua tempat tersebut banyak ditemukan korban dan diduga 8 orang berstatus hilang itupun terdapat di dua lokasi itu.

Tim SAR gabungan akan memulai pencarian dengan tetap membagi menjadi 2 worksite, yaitu worksite 1 di warung sate shinta dengan 181 personel, 2 search dog dan 4 unit alat berat, sedangkan worksite 2 di RT 03/01 Cijedil dengan dibagi menjadi dua bagian worksite 2b dengan 83 personel dan 2 alat berat dan worksite 2c dengan 148 personel. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril menyebut, tim SAR gabungan mengubah strategi pencarian walaupun tetap membagi fokus pencarian dalam 2 worksites. Tim SAR gabungan melakukan pengurangan volume tanah material longsoran dengan dipindahkan ke wilayah Jebrod. 

"Pemilihan lokasi pemindahan tanah material langsoran tersebut sesuai dengan perintah bupati hasil koordinasi yang dilakukan oleh SMC (SAR Mission Coordinator). Strategi tersebut berhasil dengan dievakuasinya 2 korban dari worksite 2 Kampung Cijedil RT 03/01," kata Jumaril, Minggu (4/12/2022). 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: