Majalengka Digempur Foto Hoaks Bencana Alam, BPBD Imbau Warga Tak Terpancing

Inin nastain ยท Minggu, 24 Januari 2021 - 14:33:00 WIB
Majalengka Digempur Foto Hoaks Bencana Alam, BPBD Imbau Warga Tak Terpancing
Salah satu foto hoaks jalan ambles di daerah Cikebo, Majalengka yang beredar di sosial media. Foto: BPBD Majalengka

MAJALENGKA, iNews.id- Kabupaten Majalengka digempur foto-foto hoaks bencana alam. Sejumlah foto bencana alam di Kabupaten Majalengka beredar di sosial media (sosmed) dalam beberapa hari terakhir. 

Terbaru, beredar di sosmed foto jalan ambles disebut-sebut terjadi di daerah Cikebo, Kecamatan Maja. Foto tersebut menambah deretan informasi hoaks terkait bencana alam. 

Sebelumnya, ramai foto jalan raya yang tertutup material longsoran terjadi di Cikijing. Padahal, foto tersebut merupakan bencana alam tanah longsor yang terjadi pada 2019 lalu.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Majalengka, Reza Permana mengatakan, foto jalan ambles tersebut bukan terjadi di Kabupaten Majalengka. Selain itu, foto tersebut diambil pada 2017 lalu. 

“Itu bukan di Cikebo. Itu jalan ambles di Kawah Manuk Darma, Kabupaten Kuningan pada 2017 lalu,” kata Reza kepada MNC Portal Indonesia, Minggu (24/1/2021).

Lebih jauh Reza mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing dengan menyebarluaskan informasi bohong, khususnya dalam bentuk foto kebencanaan yang sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Banyak beredar gambar-gambar bencana yang tidak sesuai dengan kondisi di lapanggan. Oleh sebab itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar kroscek dulu kepada kami, BPBD Kabupaten Majalengka,” tutur dia.

Klarifikasi, kata dia, mutlak dibutuhkan untuk menghindari kepanikan yang bisa saja terjadi di masyarakat. “Hentikan hoaks gambar tentang kebencanaan. Mari selalu siaga dan waspada terhadap bencana,” ucap dia.

Editor : Asep Supiandi