Longsor Timbun Jalur Utama, Lalu Lintas 2 Kecamatan di Cianjur Lumpuh

Mochamad Andi Ichsyan · Selasa, 25 Mei 2021 - 11:58:00 WIB
Longsor Timbun Jalur Utama, Lalu Lintas 2 Kecamatan di Cianjur Lumpuh
Warga bergotong-royong membersihkan material tanah dari sebuah tebing yang longsor di Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. (Foto: iNewsTv/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Tebing setinggi 5 meter longsor dan menutup jalan utama penghubung dua kecamatan di Cianjur, Selasa (25/5/2021). Akses jalan utama antara Kecamatan Cikalongkulon dengan Sukaresmi pun sempat tertutup hingga menyebabkan lalu lintas lumpuh.  

Longsornya tebing yang berada di Kampung Cikareo, Desa/Kecamatan Sukaresmi itu terjadi setelah hujan deras menguyur wilayah tersebut. Tebing tersebut tak kuat menahan derasnya air hujan hingga membuatnya longsor. Material tanah menutup jalan dengan ketebalan 2 meter dan sepanjang 8 meter itu praktris tak dapat dilalui semua jenis kendaraan dalam beberapa jam.

Terpantau, beberapa menit setelah terjadi longsor, warga berinisiatif membersihkan material longsor dari jalan dengan perlengkapan seadaanya. Selang beberapa lama kemudian pemerintah setempat menerjunkan satu unit alat berat dengan harapan material longsor dapat segera dibersihkan hingga jalur bisa kembali dibuka.  

"Akses jalan dapat dibuka kembali setelah material longsor dibersihkan dengan menerjunkan satu buah alat berat ke lokasi kejadian," kata Kapolsek Sukaresmi, AKP Irwan Alexander.

Dia pun mengimbau kepada para pengendara agar selalu hati-hati saat melalui jalur tersebut. Apalagi kondisi jalur cukup licin sehingga perlu kehati-hatian ekstra terutama dari pengendara sepeda motor.

Editor : Asep Supiandi