Longsor Tambang Emas di Kobar, Ini Identitas 10 Penambang Emas asal Tasikmalaya

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Kamis, 19 November 2020 - 23:16:00 WIB
Longsor Tambang Emas di Kobar, Ini Identitas 10 Penambang Emas asal Tasikmalaya
Petugas berupaya mengevakuasi 10 penambang emas yang tertimbun longsor di Kotawaringin Barat, Kalteng. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Sebanyak 10 penambang emas liar yang tertimbun longsor di Sungaii Seribu, RT 10, Kecamatan Arut Utara (Aruta), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (19/11/2020) berhasil diketahui identitasnya. Mereka seluruhnya warga Tasikmalaya, Jawa Barat.

Camat Aruta, Muhammad Ikhsan mengatakan, ke-10 Orang tersebut mayoritas berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. “Mayoritas berasal dari daerah Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat ini kita terus berupaya evakuasi,” ujar Ikhsan kepada MNC Media, Kamis (19/11/2020) malam.

Dia menjelaskan, di lokasi kejadian didapati keterangan satu rombongan yang merupakan penambang dengan cara menggali yang kedalamannya sudah mencapai 65 meter. “Jumlah penambang rakyat ini awalnya terdiri atas 12 orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kronologi kejadian, awalnya pada Kamis 19 November 2020 sekitar pukul 08.00 WIB seperti biasa rombongan yang terbiasa turun menggali 12 orang. “Mereka tidak bareng pada waktu turun ke lobang akan tetapi dibagi ada yang duluan ada pula yang belakangan,” katanya.

Dia melanjutkan, baru sekitar pukul 10.00 WIB, 10 orang yang sudah masuk sebelumnya tak bisa naik lantaran lubang tambang mengalami longsor. “Dua orang yang mau menyusul turun namun nahas mereka mengetahui tanah lubang longsor maka keduanya bergegas naik ke atas menyelamatkan diri,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki