Longsor di Sumedang, Operasi SAR Diperpanjang Tiga Hari

Agus Warsudi · Sabtu, 16 Januari 2021 - 00:30:00 WIB
Longsor di Sumedang, Operasi SAR Diperpanjang Tiga Hari
Tim SAR terus melakukan pencarian dan pertolongan korban longsor Sumedang. (Foto: Ist)

SUMEDANG, iNews.id - Basarnas memutuskan untuk memperpanjang masa operasi pencarian dan pertolongan atau search and rescue (SAR) atas korban longsor Sumedang. Pasalnya, masih banyak korban yang belum ditemukan.

Kepala Basasrnas Bandung, Deden Ridwansah menjelaskan, perpanjangan tersebut sesuai SOP karena ada belasan korban yang tertimbun usai longsor terjadi di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Banyak keluarga korban yang meminta pencarian diperpanjang tiga hari. Total korban yang belum ditemukan 15 orang," katanya, Jumat (16/1/2021).

Deden mengatakan, petugas terus mengupayakan pencarian walau banyak kendala ditemui di lokasi kejadian seperti cuaca yang tidak menentu, tebalnya material longsor, dan potensi atau ancaman longsor susulan. 

"Walau bagaimanapun, keselamatan tim SAR menjadi yang paling utama. Namun, kami akan terus memberikan yang terbaik," ujar Deden. 

"Pencarian hari ketujuh dilaksanakan hingga pukul 23.00 WIB. Dua excavator digunakan membersihkan material longsor," ujar Deden.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: