Limbah Pencucian Karung Terigu dan Bahan Baku FABA Cemari Air Situ Ciburuy

Adi Haryanto ยท Sabtu, 16 Juli 2022 - 20:03:00 WIB
Limbah Pencucian Karung Terigu dan Bahan Baku FABA Cemari Air Situ Ciburuy
Tercemarnya air Situ Ciburuy telah membuat resah warga sehingga petugas DLH KBB menindaklanjutinya dengan mengambil sampel air untuk diteliti kandungannya. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Limbah yang mencemari air Sungai Situ Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabuapten Bandung Barat (KBB), akhirnya terungkap. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar menemukan limbah pencucian karung dan bata dari bahan baku Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) menjadi satu dari beberapa penyebab air Situ Ciburuy hitam dan berbau. 

Aktivitas pencucian karung bekas itu beroperasi di sekitar Situ Ciburuy. Begitu juga pabrik pembuatan bata berbahan baku FABA. Limbahnya dibiarkan mengalir ke Situ Ciburuy sehingga objek wisata itu tercemar.

"Kemungkinan bau menyengatnya dari aktivitas itu. Sebab limbah pencucian karung bekas dibuang ke saluran air tanpa melalui pengolahan lebih dahulu," kata Penjabat Pengawasan Lingkungan Hidup (PPLH) DLH Jabar Risda Susanti, Sabtu (16/7/2022). 

Lokasi pencucian karung bekas, ujar Risda Susanti, berada di RW 13, Desa Padalarang. Sehingga air bekas pencucian karung tepung terigu yang berbau busuk itu mencemari perairan Situ Ciburuy. "Semestinya air dari proses pencucian karung bekas itu dilakukan treatment pengolahan limbah, jadi gak langsung dibuang," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: