Limbah Medis Berserakan di Jalan, Pegawai RSIA Bunda Fathia Purwakarta Diperiksa

Irwan ยท Jumat, 16 Juli 2021 - 11:44:00 WIB
Limbah Medis Berserakan di Jalan, Pegawai RSIA Bunda Fathia Purwakarta Diperiksa
Petugas salah satu rumah sakit swasta di Purwakarta sedang membereskan sampah medis yang menumpuk di pinggir jalan. (Foto: iNewsTv/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id - Sejumlah pekerja dan manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fhatia, Purwakarta, menyusul limbah medis yang berserakan di tepi jalan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya unsur kesengajaan serta pelanggaran dalam pengelolaan limbah medis rumah sakit. 

Dalam pemeriksaan ini polisi juga mengambil sejumlah sampel dari sampah medis yang berserakan, sebagai barang bukti. Namun polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus ini. 

"Terkait viralnya pembuangan limbah rumah sakit, kami sudah melakukan pemeriksaan lapangan. Beberapa pegawai dari pihak rumah sakit sudah kita undang untuk memberikan klarifikasi atas persoalan itu," kata Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Fitran Romajimah, Jumat (16/7/2021).

Dia pun menyebutkan, pemeriksaan yang dilakukan berkaitan dengan dokumen pengelolaan limbah dan lainnya. Adapun limbah medis yang ditemukan berupa masker bekas, botol infus, sarung tangan dan lain-lain.

Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta, juga telah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan. Hasilnya didapatkan tiga temuan, yakni tidak adanya izin penyimpanan limbah medis TPS B3, MoU pengambilan sampah yang telah kadaluarsa serta tidak pernah melaporkan tri wulanan atas pengelolaan limbah medis B3. 

Sebelumnya, tumpukan sampah medis dikeluhkan warga karena berserakan di jalan. Diduga sampah medis tersebut berasal dari RSIA Bunda Fathia Purwakarta, yang sengaja dibuang. Namun tidak diangkut oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup. Hingga saat ini pihak rumah sakit belum bersedia memberikan keterangan. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: