Libur Waisak, Kunjungan Wisatawan ke Lembang KBB Sepi kendati Harga Tiket Turun

Adi Haryanto · Rabu, 26 Mei 2021 - 15:14:00 WIB
Libur Waisak, Kunjungan Wisatawan ke Lembang KBB Sepi kendati Harga Tiket Turun
Objek wisata Dago Dreampark di kawasan Lembang, KBB, pada libur Hari Raya Waisak ini masih sepi pengunjung. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Libur Hari Raya Waisak 2565 BE tidak berdampak kepada angka kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang ada di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sejumlah lokasi wisata terbilang lengang kendati pengelola sudah menurunkan harga tiket masuk.

Seperti yang terpantau di objek wisata Dago Dreampark Lembang, pengunjung yang datang masih sepi. Bahkan hingga siang hari pengunjung yang masuk baru sekitar 300 orang dan masih didominasi oleh wisatawan lokal.

"Pengunjung masih minim, waktu libur Lebaran dan akhir pekan kemarin juga hanya ratusan. Padahal biasanya di angka ribuan," kata Public Relation Dago Dreampark Lembang, Revi Laurentius, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya, pada kondisi normal pengunjung bisa mencapai 10.000 pada saat weekend atau libur nasional. Namun semenjak Covid-19 angka kunjungan anjlok, bahkan kini ada pembatasan carrying capacity 25 persen. Sehingga sektor pariwisata masih sulit untuk normal seperti dulu. 

Namun pihaknya masih tetap optimistis pada weekend ke depan wisatawan akan meningkat. Apalagi sudah tidak ada lagi penyekatan kendaraan wisatawan dari luar kota yang menuju Bandung. Hanya protokol kesehatan tetap harus diperhatikan bagi wisatawan yang datang. 

"Market kita memang wisatawan dari Jabodetabek, semoga dengan tidak ada lagi penyekatan wisatawan bisa naik lagi," tuturnya. 

Guna merangsang kunjungan wisatawan, pihaknya menawarkan promo tiket masuk terusan dari asalnya Rp165.000/orang menjadi hanya Rp100.000/orang. Dengan tiket itu wisatawan bisa menikmati sebanyak 27 wahana yang ada di dalam kawasan seluas 13 hektare. 

"Wahana favorit di sini seperti difoto di karpet terbang aladin, berfoto di bigfoot, pirates ship station, dan lain-lain," ujarnya. 

Salah seorang wisatawan asal Jakarta, Nuri (39) mengatakan, sengaja berlibur ke Dago Dreampark untuk menikmati suasana alam yang tidak bisa ditemui di Jakarta. 

"Sekarang udah gak ada penyekatan di jalan, makanya sengaja ajak keluarga liburan ke Bandung," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi