Kunjungi Posko Cagub, Kapolda Janji Tindak Tegas Pelaku Kampanye Hitam

Yogi Pasha · Rabu, 14 Februari 2018 - 17:58:00 WIB
Kunjungi Posko Cagub, Kapolda Janji Tindak Tegas Pelaku Kampanye Hitam
Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengaku akan menindak tegas pelaku kampanye hitam. Polisi sudah membentuk tim satuan tugas (satgas) yang khusus mengawasi media sosial selama pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018 di Jawa Barat.

“Mabes Polri sudah membentuk tim satgas dan deteksi melalui cyber untuk mewaspadai dan mencegah tindakan anarkis dan radikalisme,” kata Kapolda saat mendatangi posko pemenangan empat pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jabar, Rabu (14/2/2018).

Kapolda juga menegaskan jajarannya akan menegakkan netralitas untuk menjaga kualitas Pilkada Serentak 2018 yang bersih dan aman. "Kepolisian dan TNI akan berada pada posisinya, yakni mengamankan pesta rakyat di Jabar," tandasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda didampingi Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat serta Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto. Rombongan tersebut mendatangi empat posko pemenangan pasangan calon peserta Pilgub Jabar

Kunjungan pertama, rombongan Forum Musyawarah Pimpinan Daerah (Formida) Jabar ini menyambangi Posko Pemenangan Paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) di kawasan Jalan Ir Djuanda (Dago) sekitar pukul 08.30WIB. Rombongan Pangdam dan Kapolda Jabar diterima langsung pasangan Sudrajat dan Ahmad Syaikhu.

Sudrajat mengatakan, posko pemenangan pasangan Asyik akan digunakan hingga 28 Juni 2018 mendatang. Selama Pilgub Jabar, pasangan Asyik telah berkomitmen akan mengikuti proses demokrasi yang akan dan menggembirakan.

"Jika ada kekeliruan dari kami, tolong tegur dan ingatkan kami secara langsung, agar proses demokrasi ini berjalan aman, menggembirakan, dan Asyik," kata dia.

Setelah mengunjungi posko pemenangan Asyik, rombongan Pangdam, Kapolda, KPU dan Bawaslu Jabar langsung menuju rumah pemenangan paslon Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) di Jalan Cipaganti, Kota Bandung.

Dalam kunjungan tersebut, Emil berharap aparat kepolisian mewaspadai munculnya kampanye hitam pada Pilgub Jabar 2018. Sebab, kata dia, kegiatan kampanye hitam saat ini tidak hanya dilakukan di media sosial (medsos).

“Saya berharap cyber tim kepolisian dapat mendeteksi hal ini untuk mencegah terjadinya suasana tidak kondusif di Pilkada Jabar,” kata Ridwan Kamil.

Rombongan kembali melanjutkan kunjungan ke Posko Pemenangan Deddy-Dedi For (4) Jabar di Jalan Karangsari, Setiabudi, sekitar pukul 10.00. Di Posko Pemenangan Deddy-Dedi 4 (for) Jabar, rombongan diterima Cagub Jabar Deddy Mizwar bersama Ketua Tim Pemenangan Irfan Suryanagara.



Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: