Kronologi Pikap Masuk Jurang di Ciamis yang Tewaskan 8 Orang, Hendak Hadiri Hajatan

Antara, Acep Muslim ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 16:02:00 WIB
Kronologi Pikap Masuk Jurang di Ciamis yang Tewaskan 8 Orang, Hendak Hadiri Hajatan
Polisi mengevakuasi korban pikap masuk jurang di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Dusun Cimara, Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis. (Foto: Istimewa)

CIAMIS, iNews.idKecelakaan maut mobil pikap terjun ke jurang terjadi di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu, Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). Kecelakaan tersebut mengakibatkan delapan orang tewas dan belasan lainnya luka-luka.

Kapolres Ciamis, AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menuturkan, kronologi kecelakaan maut itu bermula ketika mobil bak terbuka atau pikap membawa 17 orang rombongan warga Barujul, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka hendak menghadiri hajatan di Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Namun, kata Kapolres, di pertengahan jalan mobil tersebut mengalami kecelakaan tunggal masuk jurang sedalam 30 meter di Jalan Raya Sukamantri-Panjalu sekitar pukul 07.30 WIB.

Akibat kecelakaan itu, kata dia, dilaporkan sejumlah penumpang dewasa maupun anak alami luka-luka hingga harus dibawa ke puskesmas dan rumah sakit untuk ditangani secara medis.

"Sembilan orang lainnya luka-luka dan mendapat perawatan di Puskesmas Sukamantri dan RSUD Ciamis. Dari sembilan orang korban luka-luka, lima orang di antaranya anak-anak," katanya.

Dia menyebutkan, enam orang meninggal dunia di lokasi kejadian dan dua lainnya di Puskesmas Sukamantri, dan satu orang meninggal di RSUD.

Sejumlah personel kepolisian lantas melakukan proses evakuasi korban ke rumah sakit, kemudian mengevakuasi mobil dari dasar jurang.

Polisi juga melakukan olah tempat kejadian perkara dan memintai keterangan saksi di sekitar lokasi kejadian dan penumpang yang selamat.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: