KPK Serahkan Berkas dan Barang Bukti Kasus Suap Wali Kota Cimahi Ajay ke JPU 

Raka Dwi Novianto · Selasa, 26 Januari 2021 - 11:00:00 WIB
KPK Serahkan Berkas dan Barang Bukti Kasus Suap Wali Kota Cimahi Ajay ke JPU 
Wali Kota Cimahi non-aktif Ajay M Priatna saat dihadirkan dalam konferensi pers di KPK seusai ditetapkan tersangka dalam kasus suap. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kasus suap yang menjerat Wali Kota Cimahi non-aktif Ajay M Priantna memasuki babak baru. Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas penyidikan atas nama tersangka sekaligus Komisaris RSU Kasih Bunda Hutama Yonathan terkait kasus dugaan suap perizinan proyek pembangunan RSUKB di Kota Cimahi tahun anggaran 2018-2020. 

Berkas dan barang bukti kasus suap yang melibatkan Ajay M Priatna tersebut dilimpahkan ke tim jaksa penuntut umum (JPU) KPK pada Senin (25/1/2021).

"Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21), hari ini (25/1/2021), tim penyidik melaksanakan tahap 2 (penyerahan tersangka dan barang bukti), tersangka HY (Hutama Yonathan) kepada Tim JPU," ujar pelaksana tugas (plt) Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (26/1/2021).

Ali mengemukakan, kewenangan penahanan Hutama Yonathan dilanjutkan oleh tim JPU selama 20 hari ke depan hingga 13 Februari 2021 di Rutan Polda Metro Jaya.

"Dalam waktu 14 hari kerja, Tim JPU segera menyusun surat dakwaan dan melimpahkan berkas perkaranya ke PN Tipikor. Persidangan diagendakan di PN Tipikor Bandung," ujarnya.

Terkait kasus suap tersebut, tutur Ali, tim penyidik telah mememeriksa sedikitnya 27 saksi dalam proses penyidikan. Termasuk diantaranya memeriksa tersangka Ajay M Priatna selaku Wali Kota Cimahi dan beberapa aparatur sipil di Pemkot Cimahi.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3