Kota Bandung Punya Daerah Resapan Lembah Tangga 101, Ini Fungsinya

Arif Budianto ยท Kamis, 27 Januari 2022 - 17:39:00 WIB
Kota Bandung Punya Daerah Resapan Lembah Tangga 101, Ini Fungsinya
Lembah Tangga 101 dibangun dan dirancang sebagai daerah resapan air sekaligus destinasi wisata. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

BANDUNG, iNews.id - Pemkot Bandung membangun daerah resapan air bernama Lembah Tangga 101 di Kelurahan Cisurupan, Cibiru, Kota Bandung. Kawasan yang juga dirancang menjadi destinasi wisata ini juga pengembangan Sektor 22 Citarum Harum dan Persaudaraan Akabri (Persada) 92.

Lembah Tangga 101 memiliki luas lahan sekitar 1 hektare. Terdapat sekitar 1.180 pohon ditanam di kawasan ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan 580 pohon dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, ditambah sumbangan 600 pohon dari Persada 92 serta sumbangan dari warga Kota Bandung, Kartini.

“Hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam mengurangi banjir lewat penataan kawasan Bandung utara,” kata pelaksana tugas (plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

Sejalan dengan upaya pencegahan banjir, Yana menyebut upaya yang dilakukan Pemkot Bandung secara teknik yaitu dengan memarkir air. Dengan begitu, kelebihan air saat musim hujan tidak akan menyebabkan banjir. Kelebihan air tersebut juga menjadi sumber cadangan air di musim panas.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: