Korupsi Pengelolaan Sampah Ratusan Juta, Pejabat di Cirebon Dipenjara

Fathnur Rohman · Selasa, 04 Mei 2021 - 15:17:00 WIB
Korupsi Pengelolaan Sampah Ratusan Juta, Pejabat di Cirebon Dipenjara
Ilustrasi prilaku korupsi. (Foto: Ist)

CIREBON, iNews.id -  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cirebon menahan seorang pejabat di lingkungan Pemkot Cirebon. Pejabat berinisial AS itu diduga terlibat kasus korupsi ratusan juta rupiah dalam pengelolaan sampah  di Kota Cirebon.

Kasus dugaan korupsi tersebut terjadi di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sekitar tahun 2018. Setelah ditetapkan sebagai tersangka, AS kemudian ditangkap dan ditahan oleh Kejari Kota Cirebon pada Senin, (3/5/2021) siang kemarin.

"Terkait dugaan pidana di Dinas Lingkungan Hidup. Telah dilaksanakan tahap dua dan dilakukan penahanan selama 20 hari. Dari tanggal 3 Mei sampai 22 Mei," kata Kasi Intilejen Kejari Kota Cirebon, Taupik Hidayat kepada wartawan Selasa (4/5/2021).

Menurut Taupik, AS ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 13 Januari 2021. Selain AS, ada tiga tersangka lain yang terlibat kasus dugaan korupsi tersebut.

"Ada empat tersangka, satu kepala dinas, satu terkait PPATK, dua orang lagi dari swasta," ujar Taupik.

Dia menambahkan, AS diduga telah merugikan negara sebesar Rp332.384.178. Kasus dugaan korupsi ini, kata dia, terkait pengelolaan sampah di DLH Kota Cirebon. Kasus ini muncul dari temuan audit.

AS sendiri, lanjut, Taupik, dijerat Pasal 2 dan 3 UU 31/1999 juncto UU 20/2001 juncto Pasal 551 KUHP, dengan ancaman minimal empat tahun maksimal seumur hiidup, serta pasal 3 minimal satu tahun maksimal 20 tahun.

"Karena pemberkasannya sudah lengkap, kemudian akan dilakukan tahap dua," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: