Kondisi Medan Sulit dan Rawan Longsor, Pencarian Korban Jayagiri Dilakukan Manual

Adi Haryanto ยท Jumat, 25 Desember 2020 - 12:00:00 WIB
Kondisi Medan Sulit dan Rawan Longsor, Pencarian Korban Jayagiri Dilakukan Manual
Upaya pencarian korban tertimbun longsor di Jayagiri, Lembang, KBB. (Foto: Basarnas Bandung)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Proses pencarian Dedi Rohendi (45), seorang warga yang tertimbun longsor di Kampung Lebak Cihideung, RT 02/17, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), terus dilakukan, Jumat (25/12/2020). Karena tanah di sekitar lokasi kejadian labil dan rawan longsor, pencarian dilakukan secara manual.

Upaya pencarian melibatkan 150 personel gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, TNI, Polri, Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Bandung, relawan dan dibantu masyarakat hingga menjelang salat Jumat belum membuahkan hasil. 

"Pencarian masih dilakukan, ketebalan tanah mencapai dua meter lebih, sampai sekarang belum membuahkan hasil," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo saat ditemui di lokasi. 

Duddy mengemukakan, proses pencarian terhadap Dedi Rohendi (43) cukup terkendala karena medan yang sulit. Evakuasi juga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat manual karena alat berat tidak bisa menjangkau lokasi longsor.

Dia menyebutkan, rumah yang rusak berat ada dua unit sementara yang terdampak ada sekitar lima rumah. Oleh karena itu warga di sekitar lokasi diminta untuk mengungsi sementara ke tempat aman karena khawatir terjadi longsor susulan. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2