Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Diusulkan Jadi Calon Kapolri, Ini Profilnya

Tim iNews.id · Rabu, 13 Januari 2021 - 13:45:00 WIB
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Diusulkan Jadi Calon Kapolri, Ini Profilnya
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diusulkan Preiden Jokowi ke DPR sebagai calon Kapolri. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Teka-teki siapa sosok calon Kapolri yang diusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya terkuak. Presiden Jokowi mengusulkan Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang segera pensiun.

Berikut profil Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri itu.

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan jenderal berusia 51 tahun, kelahiran Kota Ambon, Maluku, Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Jabatan prestisius tersebut diemban Listyo Sigit sejak 6 Desember 2019. 

Sebelum menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polri, Listyo Sigit yang merupakan lulusan Akdemi Kepolisian (Akpol) 1991, menjabat Kepala Divisi Profesi Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Yang menarik, Listyo Sigit merupakan calon Kapolri termuda dibanding beberapa sosok yang sempat santer disebut-sebut sebagai pengganti Jenderal Pol Idham Azis. 

Sebut saja, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang merupakan lulusan Akpol 1988 dan Komjen Pol Boy Rafli Amar lulusan Akpol 1988. Nama Gatot dan Boy juga diusulkan ke Presiden Jokowi untuk dipilih sebagai calon Kapolri.

Selain Gatot Eddy Pramono, Boy Rafli Amar, Listyo Sigit Prabowo, Kompolnas juga mengajukan nama Komjen Pol Arief Sulistyanto yang saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Kalemdiklat) Pol serta Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Agus Andrianto. 

Karier Listyo Sigit di Korps Bhayangkara terbilang cemerlang. Diawali sebagai Kabag Pengendalian Personel (Dalpers) Biro Personel (Ropers) Polda Metro Jaya pada 2009. Pada tahun yang sama, dia menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah.

Satu tahun kemudian, Listyo Sigit juga pernah menjadi Kapolres Sukoharjo pada 2010 dan Wakapolretabes Semarang. Setahun kemudian dia diangkat menjadi Kapolresta Surakarta pada 2011.

Sejumlah jabatan tinggi juga pernah diemban, mulai dari Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri pada 2012, Direskrimum Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2013 hingga dipercaya menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014.

Setelah masuk dalam lingkaran ring satu Istana, karier Listyo Sigit makin melesat. Dia dipromosikan sebagai Kapolda Banten pada 2016 dan menjadi Kadiv Propam Polri 2018. 

Setahun mengemban tugas sebagai Kadiv Propam Polri, Listyo Sigit mendapatkan promosi bintang tiga dan sebagai Kabareskrim Polri pada 2019.

Dalam kurun waktu setahun di Bareskrim di bawah kepemimpinan Listyo Sigit, berbagai kasus besar berhasil diungkap. Salah satu yang sangat menonjol adalah penangkapan buron kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra.

Diketahui, kepastian Listyo Sigit dipilih sebagai calon Kapolri berdasarkan Surat Presiden (Surpres) tentang Calon Kapolri yang sudah dikirimkan ke DPR, Rabu (13/1/2021). 

Surat tersebut diantar oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. "Surat Presiden telah diterima. Presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," ujar Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (12/1/2021).

Editor : Agus Warsudi