Kisah Proklamasi Kemerdekaan di Cirebon 15 Agustus 1945

Miftahudin · Selasa, 16 Agustus 2022 - 06:30:00 WIB
Kisah Proklamasi Kemerdekaan di Cirebon 15 Agustus 1945
Tugu Pensil di Kota Cirebon, Jawa Barat tempat pembacaan proklamasi kemerdekaan 15 Agustus 1945. (Foto: iNewsTV/Miftahudin)

CIREBON, iNews.id - Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pernah dibacakan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Sekelompok pejuang membacakan naskah proklamasi pada 15 Agustus 1945, dua hari sebelum pembacaan proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945 di Jakarta. 

Lokasi tempat sekelompok pejuang itu membacakan proklamasi adalah Tugu Pensil atau Tugu Kejaksaan di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. 

Tempat ini menjadi saksi bisu pembacaan proklamasi yang disaksikan oleh 100 hingga 150 orang. Proklamasi dibacakan oleh dr Sudarsono, kepala Rumah Sakit Kesambi yang saat ini menjadi RSUD Gunung Jati Cirebon.

Pembacaan proklamasi lebih awal itu terjadi spontan. Berawal dari telegram Sutan Syahrir kepada dr Sudarsono yang berisi informasi bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu.

Inti telegram memerintahkan dr Sudarsono membacakan proklamasi di Tugu Kejaksaan. Perintah Syahrir itu karena dr Sudarsono dianggap mampu dan merupakan salah satu tokoh Cirebon.

Selain itu, Cirebon dipilih karena dianggap aman dari penjajah Jepang yang banyak berkumpul di kota besar setelah mereka menyerah kepada sekutu.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: