Kejari Bogor Serahkan Uang Negara Rp1,5 Miliar Lebih dari Terpidana Kasus Korupsi

Putra Ramadhani Astyawan ยท Selasa, 17 November 2020 - 15:23:00 WIB
Kejari Bogor Serahkan Uang Negara Rp1,5 Miliar Lebih dari Terpidana Kasus Korupsi
Kejari Bogor Serahkan Uang Negara Rp1,5 Miliar Lebih dari Terpidana Kasus Korupsi (Foto: Dok Kejari Kabupaten Bogor)

BOGOR, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor mengembalikan uang kerugian negara dari terpidana kasus korupsi senilai Rp1.552.439.727,02 miliar. Uang tersebut dibayarkan terpidana Azwar dalam kasus korupsi proyek pembangunan Jalan Sukahati-Kedung Halang pada tahun 2011 silam.

"Hari ini Kejari Kabupaten Bogor menerima uang pengganti dan denda perkara korupsi atas nama Azwar yang mana perkara ini telah diputus melalui keputusan kasasi yang mana dari pidana pokok selama 3 tahun 6 bulan," kata Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Bambang Winarno, kepada wartawan, Senin (16/11/2020).

Adapun rincian yang dibayarkan terpidana Azwar yakni uang denda Rp50 juta dan uang pengganti Rp 1.502.439.727,02 miliar. Uang tersebut langsung disetorkan ke negara melalui bank pemerintah.

"Hari ini juga telah dilakukan pembayaran. Jadi total pada hari ini telah disetorkan ke Bank BRI," katanya.

Bambang menambahkan, kasus tindak pidana korupsi ini bergulir pada tahun 2011 silam atas proyek pembangunan Jalan Sukahati-Kedung Halang. Kala itu, Azwar sebagai kontraktor pembangunan terlibat kasus korupsi dan menjadi buronan hingga wajahnya sulit dikenali karena faktor usia.

"Dulu kalau tidak salah di Dinas PUPR dan beliau itu berhasil kita tangkap di 2019. Kemaren sudah keluar putusannya sehingga pada hari ini mereka bayar uang pengganti dan denda sebagaimana yang sudah diputuskan pengadilan. Tinggal menjalani pidana pokoknya sesuai putusan pengadilan," ucapnya.

Editor : Nani Suherni