Kecewa Objek Wisata Bandung Raya Tutup, Wisatawan Terpaksa Pulang

Adi Haryanto ยท Kamis, 17 Juni 2021 - 18:33:00 WIB
Kecewa Objek Wisata Bandung Raya Tutup, Wisatawan Terpaksa Pulang
Objek wisata The Great Asia Africa (TGAA) Lembang, KBB, tampak sepi karena ditutup selama sepekan, Kamis (17/6/2021). (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Wisatawan dari  Jakarta dan sekitarnya yang sudah telanjur berada di Bandung mengaku kecewa karena harus batal berwisata di sejumlah objek wisata di Bandung. Mereka terpaksa balik kanan karena objek wisata di kawasan Bandung Raya, termasuk Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditutup.

Mereka banyak yang belum mengetahui kalau objek wisata di Lembang ditutup selama satu minggu. Mereka baru tahu ketika sampai lokasi wisata yang hendak dituju dan membaca pengumuman kalau objek wisata ditutup sementara.  

"Saya gak tau kalau ada penutupan. Taunya pas nyampe di sini, kecewa ya pasti ada, tapi mau gimana lagi," kata salah seorang wisatawan asal Jakarta, Putra Amin (50) saat ditemui di obyek wisata The Great Asia Africa (TGAA) Lembang, Kamis (17/6/2021).

Dia yang datang bersama keluarganya sempat kebingungan saat melihat pintu masuk ke objek wisata TGAA ditutup. Apalagi di sekitar lokasi dan tempat parkir juga tampak sepi dari aktivitas. Setelah dapat informasi jika obyek wisata ditutup akibat dari KBB zona merah Covid-19, mereka akhirnya memaklumi. 

Namun karena sudah terlanjur menginap di Bandung hingga akhir pekan nanti, dia mengaku akan menghabiskan waktu di hotel. Sebab kalau mencari alternatif objek wisata lainnya juga pasti ditutup. "Ya kita paling diem di hotel. Cari makan dan oleh-oleh doang buat dibawa ke Jakarta," ujarnya. 

Wisatawan asal Banten, Indra (39) menyebutkan pekan ini sebenarnya ingin menghabiskan waktu liburan di Lembang dan Bandung. Namun karena ada kebijakan wisata tutup gara-gara Covid-19, dirinya tidak bisa berbuat banyak. 

"Momennya gak pas, emang siapa yang mau begini? Gak papa lain kali kalau Covid-19 udah reda bisa ke sini lagi," tuturnya. 

Sementara Pengelola obyek wisata TGAA Lembang, Wawan Setiawan, mengaku, sebenernya sudah menginformasikan penutupan di akun Instagram resmi TGAA. Mungkin karena banyak wisatawan yang tidak mengetahui, jadi mereka tetap datang ke sini. Pihaknya memasang informasi dan menyiapkan petugas untuk memberitahu wisatawan yang terlanjur datang. 

"Sejak menerima surat edaran penutupan, kami langsung update di IG, tapi mungkin tidak semua orang liat. Meski berat ya kita mau gimana lagi, padahal kunjungan sedang bagus. Semoga saja minggu depan bisa normal (buka) lagi," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi