Kawanan Monyet Turun Gunung, Rusak Atap Rumah hingga Ambil Makanan di Warung

Sindonews, Yuwono Wahyu ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 09:01 WIB
Kawanan Monyet Turun Gunung, Rusak Atap Rumah hingga Ambil Makanan di Warung
kawanan monyet liar yang berjumlah puluhan ekor Minggu pagi (26/7/2020) masuk ke pemukiman warga di Kawasan Gudang Karuhipan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. (Foto: iNews TV/Yuwono Wahyu)

LEMBANG, iNews.id - Fenomena langka terjadi saat kawanan monyet liar yang berjumlah puluhan ekor Minggu pagi (26/7/2020) masuk ke pemukiman warga di Kawasan Gudang Karuhipan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Bahkan satwa liar ini merusak atap bangunan rumah.

Abah Yusuf warga Lembang mengatakan, puluhan monyet jenis ekor panjang terlihat berlari mengelilingi atap bangunan rumah warga. Tak hanya rumah warga, satwa liar ini pun terlihat berada di atas warung milik pedagang di sepanjang ruas Jalan Gudang Kahuripan.

“Meski tak mengganggu warga namun masyarakat sekitar kini resah dengan fenomena langka ini. Pasalnya kawanan monyet liar ini sudah merusak beberapa atap bangunan. Bahkan mengambil makanan di warung hingga buah-buahan yang ditanam warga,” kata Abah Yusuf.

Menurutnya, saat ini konsentrasi kawanan monyet ekor panjang ini terpencar karena trauma akibat ada yang ditembak warga dan diracun. Diduga puluhan monyet liar ini keluar dari habitatnya di area hutan lindung yang ada di sekitar wilayah lembang karena kelaparan.

“Masyarakat sekitar berharap pemerintah melalui Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)Jabar bisa turun tangan agar monyet liar ini tak masuk ke pemukiman warga,” ucapnya.


Editor : Nani Suherni