Kasus PMK Ditemukan di Cianjur, 3 Ekor Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Antara · Minggu, 22 Mei 2022 - 19:40:00 WIB
   Kasus PMK Ditemukan di Cianjur, 3 Ekor Sapi Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku
Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan saat meninjau salah satu peternakan di Kecamatan, Cilaku, Kabupaten Cianjur. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Kasus penyakit mulut dan kuku (PKM) ditemukan di salah satu peternakan sapi di Kabupaten Cianjur. Tim dari kepolisian, Dinas Peternakan Cianjur mengidentifikasi tiga ekor sapi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK), sehingga seluruh kegiatan, termasuk penjualan dihentikan.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan, pihaknya sempat melakukan sidak ke tiga peternakan sapi di Cianjur, di dua peternakan tidak ditemukan sapi bergejala. Sedangkan di peternakan ketiga, yakni di Kecamatan Cilaku, yang memiliki ratusan ekor sapi, ditemukan tiga ekor dengan gejala PMK.

"Kami sudah minta agar tiga ekor sapi dipisahkan dan mendapat perawatan dan pengobatan dari tenaga di peternakan dan dokter hewan dari dinas peternakan. Seluruh kegiatan di peternakan dihentikan dan ditutup agar tidak meluas," katanya, Minggu (22/5/2022).

Peternakan akan ditutup hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan, namun akan kembali dibuka setelah sapi yang diduga terpapar PMK dinyatakan sembuh dan tidak menularkan ke sapi lainnya.

"Sampel dari liur dan lendir sapi akan diuji lab untuk memastikan," ujar Doni.

Pihaknya mengimbau warga agar tidak panik dengan temuan sapi yang terpapar PMK karena tidak berbahaya untuk manusia.

"Kami bersama dinas terkait akan segera melakukan upaya penanganan cepat agar tidak sampai menyebar," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: