Kasus Covid-19 di Subang Melonjak, Pasien Terpaksa Dirawat di Lantai IGD

Yudy Heryawan Juanda ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 09:27:00 WIB
Kasus Covid-19 di Subang Melonjak, Pasien Terpaksa Dirawat di Lantai IGD
Sejumlah pasien terpaksa dirawat di lantai ruang IGD RSUD Subang. (Foto: iNewsTv/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id - RSUD Subang kewalahan dan tak sanggup lagi menampung pasien Covid-19 yang membeludak. Bahkan puluhan pasien masih tertahan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan beberapa di antaranya terpaksa dirawat di lantai ruangan.

Pihak rumah sakit sudah menyulap tempat pendaftaran IGD RSUD Subang sebagai ruangan perawatan pasien Covid-19. Namun tetap saja tidak mampu menampung pasien yang setiap hari terus berdatangan. Kondisi itu pun diperparah dengan tidak sebandingnya jumlah pasien dengan tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit tersebut.

Akibatnya, penanganan pasien Covid-19 terlihat seadanya dan masih banyak keluarga yang ikut mendampingi pasien dengan leluasa keluar masuk ruangan. Hal itu karena kurangnya pengawasan terhadap keluarga pasien.

Menurut Direktur RSUD Subang, Ahmad Nasuhi, total pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 135 pasien dan sudah dirawat di ruang isolasi khusus. Sementara 31 orang lainnya masih tertahan di IGD karena tidak adanya nakes.

"Para nakes banyak yang masih menjalani isolasi mandiri setelah terpapar Covid. Padahal masih ada 20 tempat perawatan di ruang khusus isolasi," kata Ahmad, Rabu (30/6/2021)

Sementara itu, untuk menanggulangi jumlah pasien yang terus meningkat, Pemkab Subang telah menyiapkan sebuah asrama bekas akademik keperawatan yang berada di samping RSUD Subang. Selain itu juga akan menggunakan 40 persen kapasitas perawatan di puskesmas untuk digunakan sebagai penanganan pasien Covid yang bergejala ringan.
 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: