Jelang Nikah, Pria di Cimahi Ini Ditangkap Polisi usai Curi Motor di 13 TKP

Adi Haryanto · Rabu, 20 Juli 2022 - 16:48:00 WIB
Jelang Nikah, Pria di Cimahi Ini Ditangkap Polisi usai Curi Motor di 13 TKP
Burhanudin (tengah) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi dan gagal melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya warga Cianjur setelah ditangkap polisi. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Pernikahan Burhanudin (30) yang dijadwalkan akan digelar di bulan ini jadi berantakan dan terancam batal digelar. Pasalnya, mantan sopir itu tertangkap polisi lantaran mencuri motor lalu menjualnya ke wilayah Cianjur. 

Akibatnya dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan terancam hukuman penjara selama tujuh tahun. Tidak hanya itu, hubungan asmaranya dengan calon perempuan yang akan dinikahinya juga terancam kandas jika mengetahui profesi yang dilakukannya. 

"Saya nyuri motor buat nikah, rencananya nikah bulan ini tapi malah ketangkep. Calon istri gak tahu kerjaan saya seperti ini (curi motor)," kata Burhanudin kepada wartawan di Mapolres Cimahi, Rabu (20/7/2022).

Rekam jejaknya dalam dunia curanmor ternyata bukan anak kemarin sore. Kepada petugas dia mengaku sudah melakukan aksi pencurian motor di 13 lokasi yang berbeda-beda. Seperti di Karawang, Padalarang, Cimahi, dan Kota Bandung. 

Dia mengaku awalnya berprofesi sebagai sopir di Bogor, namun diajak temen sehingga keterusan. Hasil motor curiannya biasa dijual ke wilayah Cianjur selatan dengan harga satu unit motor berkisar antara Rp2 juta sampai Rp3 juta. 

"Uangnya dibagi-bagi dan dipakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk untuk persiapan nikah," ucapnya polos. 
 

Ditanya soal kendaraan yang jadi incarannya, dia mengaku lebih mengincar motor matic. Biasanya mencari ke tempat parkiran umum dan permukiman warga yang sepi atau saat rumahnya kosong. Kemudian dipilih motor yang tidak dikunci ganda sehingga lebih mudah untuk mengambilnya. 

"Rata-rata saya butuh waktu sekitar dua menit untuk nyuri satu motor dengan pakai kunci astag," ujarnya seraya mengaku sudah empat bulan menekuni profesinya ini. 

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: