Jalur Pantura Ditutup Total Jelang Lebaran, Ribuan Pemudik Motor Diminta Putar Balik

Toiskandar ยท Rabu, 12 Mei 2021 - 07:50:00 WIB
Jalur Pantura Ditutup Total Jelang Lebaran, Ribuan Pemudik Motor Diminta Putar Balik
Suasana Posko Cek Poin Penyekatan Jalur Pantura Weru saat ribuan pemudik motor diputar balik, Rabu (12/5/2021) pagi. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id - Sehari menjelang lebaran, arus lalu lintas di Jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat padat merayap pada Rabu (12/5/2021) pagi. Ribuan pemudik motor diminta putar balik petugas gabungan yang berjaga-jaga.

Pantauan iNews, petugas gabungan menutup total jalan dari arah Jakarta menuju Jawa guna menghalau pemudik motor. Akibat penutupan jalan di Jalur Pantura Weru macet, kemacetan jalan pagi ini mencapai lebih dari 2 kilometer.

Para pemudik menggunakan motor ini tertahan petugas dan halangi melintas di Posko Cek Poin Penyekatan Pantura Weru. Mereka merupakan pemudik dari arah jakarta yang hendak menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam kondisi tersebut, kemacetan pun tak terhindarkan. Kendaraan pemudik memadati dua ruas jalan dari kedua arah. Meski ada pemudik yang coba nekat terobos penyekatan, mereka tak bisa berbuat banyak karena ada personel berjaga di tiap titik.

Para pemudik motor ini terpaksa memutar balik dan mencari jalur tikus atau jalan alternatif dibantu warga sekitar.

Anto, pemudik asal Banjarnegara mengaku tetap akan pulang ke kampung halaman karena besok sudah Hari Raya Idul Fitri. Meski dilarang pemerintah, dia tetap pada keputusannya demi bertemu keluarga.

"Mau bagaimana lagi pak, kita kan mau pulang kampung. Itu tanah kelahiran saya pak. Saya harus pulang," ujarnya kepada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2