Jalan Cipatik KBB yang Sempat Ditanam Pisang Akhirnya Dianggarkan Rp4,5 Miliar

Adi Haryanto · Rabu, 19 Oktober 2022 - 12:20:00 WIB
Jalan Cipatik KBB yang Sempat Ditanam Pisang Akhirnya Dianggarkan Rp4,5 Miliar
Pohon pisang tampak berdiri tegak di tengah jalan alternatif Cipatik-Cililin, Kecamatan Cihampelas KBB. Warga sengaja menanam pohon Pisang sebagai protes atas kerusakan jalan. (Foto: iNews.id/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan perbaikan jalan di Kampung Picung Gede, RW 05, Desa Cipatik, Kecamatan Cihampelas, masuk rencana program di tahun 2023. Sebelumnya warga setempat protes dengan menanam pohon pisang di jalan tersebut lantaran rusak parah.

Untuk itu masyarakat diminta agar bersabar menunggu hingga tahun depan. Mengingat keterbatasan anggaran yang ada serta skala prioritas program pembangunan pemerintah daerah, membuat perbaikan jalan kabupaten tersebut tidak bisa dikerjakan di tahun ini. 

"Anggaran perbaikan jalan itu diprogramkan dan akan masuk skala prioritas di tahun 2023 mendatang seiring dengan selesainya perbaikan jalan selatan sepanjang 71 km," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas PUTR, KBB, Aan Sopian, Rabu (19/10/2022).

Aan menyebutkan berdasarkan perhitungan dan kajian yang dilakukan, untuk memperbaiki jalan rusak tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp4,5 miliar. Melihat nilainya cukup besar mengingat panjang jalan yang mengalami kerusakan mencapai sekitar 1,5 km.

Anggaran untuk perbaikan jalan tersebut sudah diinstruksikan langsung oleh Plt Bupati KBB agar dimasukkan dalam penganggaran tahun 2023. Itu menunjukkan jika pemerintah daerah serius dalam menangani persoalan infrastruktur jalan tersebut.

"Kita sudah obrolkan semua dengan Plt bupati, dan beliau minta agar penganggaran dananya dimasukkan untuk program tahun depan," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: