Jalan Ambles 1 Meter, Akses dari Bandung Menuju Cirebon Macet Parah

Beben HVA ยท Sabtu, 07 Maret 2020 - 11:39 WIB
Jalan Ambles 1 Meter, Akses dari Bandung Menuju Cirebon Macet Parah
Jalan raya nasional dari arah Bandung menuju Cirebon di Kecamatan Tomo, Sumedang, Jawa Barat (Jabar) Jumat (6/3/2020). (Foto: iNews/Beben HVA)

SUMEDANG, iNews.id - Jalan raya nasional dari arah Bandung menuju Cirebon di Kecamatan Tomo, Sumedang, Jawa Barat (Jabar) Jumat (6/3/2020) pagi kembali ambles hingga satu meter. Akibatnya, kemacetan pun mengular hingga 10 kilometer.

Sejumlah pengendara kesulitan saat melintas jalan ambles. Tak sedikit dari pengendara sepeda motor harus turun jalan kaki dan kendaraanya didorong.

"Ini padahal mau ngelamar pekerjaan, aduh susah banget. Takut jatuh jadi harus turun dulu," ujar pengendara sepeda motor Eet Rohaety.

Sedangkan sejumlah pengemudi mengaku terjebak kemacetan tiga hingga lima jam. Mereka berharap jalan ambles segera diperbaiki karena jalan ini satu-satunya akses menju Cirebon dari Bandung.

"Sudah lima jam. Cepat tolong diperbaiki biar lancar enggak macet lagi," ucap sopir truk Rahmadi.

Sementara itu petugas dari Polsek Tomo dibantu relawan berusaha mengurai kemacetan. Petugas mengimbau pengendara mobil dari arah Cirebon tujuan Bandung menggunakan tol Cipali.

"Kalau dari Bandung ke Cirebon kalau dialihkan agak susah aksesnya. Tapi kalau dari arah Bandung ke Cirebon sudah dialihkan ke Cipali," kata Kanit Lantas Polsek Tomo Iptu Sunandar.

Dia memprediksi jalan ambles bisa semakin parah jika hujan kembali menguyur wilayah Sumedang. Dia meminta semua pengendara untuk berhati-hati saat melintas.

"Sekarang satu meter (amblesnya) karena ini masih ada perubahan-perubahan. Kalau ada hujan pasti ada perubahan terus," ucapnya.


Editor : Nani Suherni