Jadi Pj Gubernur Jabar, Iriawan Jamin Netralitas ASN di Pilkada

Yogi Pasha ยท Senin, 18 Juni 2018 - 17:09 WIB
Jadi Pj Gubernur Jabar, Iriawan Jamin Netralitas ASN di Pilkada
Mendagri Tjahjo Kumolo melantik Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018). (Foto: IST)

BANDUNG, iNews.id – Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) Komjen Pol Mochamad Iriawan resmi menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Senin (18/6/2018). Iriawan mengaku siap menjalankan tugas selama masa transisi pemerintahan hingga pelantikan gubernur dan wakil gubernur definitif nanti.

Salah satu tugas pentingnya menyukseskan pilkada serentak, termasuk Pilgub Jabar yang akan berlangsung pada 27 Juni mendatang 2018 dan menjamin netralitas aparatur sipil negara (ASN). Diketahui, di wilayah Jabar ada 16 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak ditambah dengan Pilgub Jabar.

“Kami akan mengawasi ASN untuk netral di Pilgub Jabar,” ungkap Iriawan usai dilantik menjadi Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (18/6/2018).

Iriawan menegaskan, akan bekerja keras dan bertanggung jawab menjalankan tugasnya, terutama dalam pembangunan Jabar. Dalam kepemimpinan Ahmad Heryawan selama 10 tahun terakhir, Jabar telah mengalami kemajuan dan keberhasilan dalam pembangunan di daerah. Iriawan akan melanjutkan pemerintahan dengan melayani masyarakat dan mengawal pembangunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang sudah terprogram.

"Seperti yang disampaikan Mendagri, kami harus bekerja keras dan penuh tanggung jawab untuk Jabar. Karena kita tahu, Pak Heryawan banyak berhasil memimpin Jabar selama 10 tahun terakhir,” ujar Iriawan.


Dalam kesempatan itu, Iriawan mengungkapkan, dia baru mengetahui dirinya ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai pj gubernur Jabar, atas rekomendasi Mendagri Tjahjo Kumolo, pada Lebaran hari kedua atau Sabtu (16/6/2018). Saat itu, dia sedang bersilaturahmi dengan keluarga besan di Surabaya. “Mendengar kabar itu, kami langsung kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan segala sesuatu yang ditugaskan oleh negara,” ungkapnya.

Iriawan juga mengungkapkan, dirinya mendapatkan amanah dari negara karena sejumlah prestasi. Selain itu, latar belakangnya yang dibesarkan di Jabar dan pernah menjadi Kapolda Jabar menjadi pertimbangan Mendagri Tjahjo Kumolo memilihnya menjadi pj gubernur Jabar.

“Saya baru ketemu dengan Pak Menteri (Mendagri) tadi pagi. Beliau berpesan agar melaksanakan tugas dengan baik dan percaya saya bisa melaksanakan tugas sebagai pj gubernur,” kata Iriawan.

Mendagri Tjahjo Kumolo sebelumnya menekankan dua hal penting saat melantik Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar selama masa transisi pemerintahan, yakni mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menyukseskan Pilgub Jabar 2018. Mendagri juga mengingatkan Iriawan menjamin netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan jajaran TNI/Polri dalam Pilkada Serentak 2018.


Editor : Maria Christina