Jadi Pj Gubernur Jabar, Ini Pesan Mendagri kepada Iriawan

Dony Aprian ยท Senin, 18 Juni 2018 - 12:15 WIB
Jadi Pj Gubernur Jabar,  Ini Pesan Mendagri kepada Iriawan
Mendagri Tjahjo Kumolo bersama Pj Gubernur Jabar Komjen Pol M Iriawan. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menekankan dua hal penting saat melantik Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) di Gedung Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (18/6/2018).

Dia mengatakan, kedua hal itu menyangkut tugas utama pj gubernur selama masa transisi pemerintahan. Yakni mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Karena itu dirasa perlu sesegera mungkin membangun komunikasi yang intensif dengan DPRD provinsi serta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).


“Saya ucapkan selamat bekerja kepada Komjen Pol Mochamad Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat,” kata Tjahjo saat memberikan sambutan pelantikan.

Dia mengungkapkan, sederet tugas berat telah menanti. Karena di wilayah Jabar ada 16 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018, ditambah dengan Pilgub Jabar.

“Saya berharap Pj Gubernur Jabar untuk bisa membangun komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan DPRD, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU dan Bawaslu provinsi, serta para bupati dan wali kota,” ujarnya.

Di samping itu, perlu dijaga menyangkut netralitas aparatur sipil negara (ASN) dan jajaran TNI/Polri dalam Pilkada Serentak Tahun 2018. Selain juga diharapkan pj gubernur menyiapkan langkah strategis untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan di wilayah Jabar selama penyelenggaran pemerintahan.

“Pesan saya, jalankan pemerintahan sesuai dengan karakteristik daerah, serta esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakatnya,” kata Mendagri.

Di kesempatan yang sama, Tjahjo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah memimpin Jabar sejak tanggal 13 Juni 2013, hingga masa jabatannya berakhir pada 13 Juni 2018.


Editor : Donald Karouw