Ini Penyebab Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar 

Agus Warsudi · Senin, 03 Mei 2021 - 06:32:00 WIB
Ini Penyebab Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai Sumbar 
Peta yang menginformasikan titik pusat gempa bumi magnitudo 5,7 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumbar. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis analisis penyebab gempa bumi magnitudo 5,7 yang mengguncang Kepulauan Mentawai pada Senin (3/5/2021) sekitar pukul 00.46 WIB. Berdasarkan posisi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. 

"Gempa bumi ini merupakan gempa bumi interface yang terjadi pada bidang gesek antara kedua lempeng tersebut," kata Kepala PVMBG Andiani, Senin (3/5/2021). 

Andiani mengemukakan, pusat gempa bumi di Samudera Indonesia, tepatnya perairan barat Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Berdasarkan tatanan tektonik, Pantai Barat Sumatera dipengaruhi oleh zona tunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia. "Sehingga memberikan kontribusi tektonik di laut maupun di daratan Pulau Sumatera," ujar Andiani. 

Wilayah yang berdekatan dengan sumber gempa bumi, tutur Kepala PVMBG, adalah Kepulauan Mentawai yang disusun oleh batuan bancuh berumur Pra-Tersier dan batuan sedimen berumur Tersier, serta wilayah barat Sumatera Barat yang dominan disusun oleh batuan sedimen berumur Tersier dan Kuarter serta batuan Vulkanik Kuarter. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: