Industri dan Lembaga Pendidikan Jadi Klaster Baru Covid-19 di Jabar

Agus Warsudi, Sindonews ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 18:41 WIB
Industri dan Lembaga Pendidikan Jadi Klaster Baru Covid-19 di Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto Humas Pemprov Jabar).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan klaster baru penyebaran virus corona atau Covid-19 di Jabar. Klaster tersebut dari industri dan lembaga pendidikan negeri.

"Satu klaster di kawasan industri terutama asrama atau kosan. Hal ini terjadi karena karyawan berasal dari pabrik dan industri berbeda. Namun mereka berada di kawasan tempat tinggal yang sama yakni satu lokasi pemukiman atau kosan," ujar pria disapa Kang Emil seusai rapat koordinasi Gugus Tugas COVID-19 Jabar di Aula Masjid Al Amman Mapolda Jabar, Selasa (7/7/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar itu mengatakan saat ini petugas sudah melakukan pelacakan atas temuan 2 klaster itu. "Dua klaster baru ini sudah kami lakukan tracking dan sudah ada hasilnya," ucap Gubernur Jabar.

Kang Emil menuturkan, saat ini tren reproduksi Covid-19 di Jabar selama dua pekan di angka 0,91. "Data dua minggu itu, indeks harian fluktuatif, rata rata 0,91 itu," kata dia.

Meski saat ini masuk fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal, Kang Emil mengimbau masyarakat Jabar tetap waspada penyebaran virus corona.

"Kampanye AKB harus diperkuat secara masif. Masyarakat melihatnya jangan balik lagi ke seperti dulu (kondisi normal). Ini (AKB) akan kami edukasi terus di media mainstream," kata Kang Emil.


Editor : Faieq Hidayat