Imbas PPKM Darurat, Warga Ngamprah KBB Gelar Sholat Idul Adha di Depan Rumah

Yuwono Wahyu · Selasa, 20 Juli 2021 - 08:37:00 WIB
Imbas PPKM Darurat, Warga Ngamprah KBB Gelar Sholat Idul Adha di Depan Rumah
Warga Kompleks Perumahan Graha Bukit Raya, Margajaya, Kecamatan Ngamprah menggelar sholat Idul Adha 1442 Hijriah di jalan kompleks dan teras rumah. (Foto: iNews/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tak menyurutkan semangat umat Islam untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1442 Hijriah dan silahturahmi. Seperti ditunjukkan ratusan warga Perumahan Graha Bukit Raya, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, mengelar sholat Idul Adha di depan rumah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), Selasa (20/7/2021). 

Jalan kompleks perumahan di sulap menjadi tempat melaksanakan sholat Idul Adha berjemaah. Jemaah sholat masing-masing mengenakan masker, diatur jarak minimal 1 meter, dan membawa sajadah.

Antusiasme warga untuk sholat berjemah terlihat sejak selepas subuh. Warga, tua muda, anak-anak, pria dan wanita, sudah berdatangan meski digelar depan rumah masing. Shaf pria berada di depan dekat imam. Sedangkan shaf wanita di belakang dengan jarak sekitar 5 meter dari shaf pria.

Karena luas jalan kompleks terbatas, sebagian warga melaksanakan sholat Idul Adha di teras rumah masing-masing. Namun, mereka tetap terhitung berjemaah karena mengikuti panduan imam. 

Seusai sholat Idul Adha, mereka membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan pakai sabun. Pengurus RT setempat menyediakan semua fasilitas tersebut agar warga terhindar dari penularan Covid-19. 

Ketua RT 12 Shohirun mengatakan, sholat Idul Adha sengaja di gelar di epan rumah warga agar tidak terjadi kerumunan. Jumlah jemaah juga terbatas, hanya warga setempat yang bisa mengikuti.

"Ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang bisa menimbulkan penularan Covid-19. Maka pengurus RT bersama-sama mengadakan sholat Idul Adha di jalan kompleks dan rumah masing-masing demi ketenangan warga," kata Shohirun.

Rita Komalasari, warga Kompleks Perumahan Graha Bukit Raya, mengatakan, bersyukur di masa pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM darurat, masih bisa melaksanakan sholat Idul Adha 1442 Hijriah walaupun di depan rumah masing-masing dan jalan kompleks.

"Kami takut melaksanakan sholat berjamaah di masjid atau lapangan yang bisa menimbulkan kerumunan dan memicu penularan. Makanya kami sepakat untuk mengadakan sholat Idul Adha di jalan kompleks dan rumah masing-masing," kata Rita. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: