Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Tajwid Surah Al Asr, Lengkap dengan Artinya Beserta Cara Baca

Kastolani · Selasa, 24 Januari 2023 - 18:08:00 WIB
Hukum Bacaan Tajwid Surah Al Asr, Lengkap dengan Artinya Beserta Cara Baca
Surah Al Asr ayat 1-3 mengandung banyak hukum bacaan tajwid yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam membaca Alquran. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Mengetahui hukum bacaan tajwid Surah Al Asr bagi Muslim merupakan keharusan agar bisa melafalkan Al Quran sesuai kaidahnya. 

Membaca Al Quran merupakan ibadah dan bernilai pahala. Karena itu, dalam membacanya harus sesuai kaidah ilmu tajwid.

Tajwid menurut bahasa adalah tahsin, yang artinya memperindah. Adapun menurut istilah dan mustahaknya (orang yang membaca Al Quran) wajib menerapkan tajwid saat membaca ayat-ayat Al Quran.  

Dikutip dari Buku Qur'an & Hadis MTs Kelas VII Kemenag, hukum mempelajari Ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah, sedang membaca Alquran dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid hukumnya Fardhu Ain.

Surah Al Asr berjumlah 3 ayat dan merupakan urutan ke-103 dalam Al Quran yang diturunkan sesudah Surat Al-Insyirah. Surah Al Asr masuk golongan surah Makkiyah karena turun di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Al Asr artinya Demi Masa, yaitu menerangkan tentang memanfaatkan waktu dan mengisinya dengan perbuatan yang bermanfaat.

Nama Al Asr diambil dari lafadz Al Ashr di ayat pertama surat ini. Surah Al Asr terletak setelah Surat At Takaatsur dan sebelum Surah Al Humazah.

Teks Surah Al Asr Ayat 1-3

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

Artinya: Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

Dalam Surah Al Asr ini banyak terdapat hukum bacaan tajwid yang perlu diperhatikan di antaranya Alif Lam Qomariyah, Ghunnah, Ikhfa, Mad Thabi'i, Alif Lam Syamsiyah, Mad Lin, Mad Badal, Mad Tamkin, dan Qolqolah Sughra.

Hukum Bacaan Tajwid Surah Al Asr

1. وَالْعَصْرِ : Terdapat hukum bacaan tajwid Alif Lam Qomariyah karena huruf lam bertemu 'Ain. Cara bacanya lam dibaca jelas.
2.  إِنَّ : Terdapat hukum bacaan tajwid Ghunnah karena huruf Nun bertasydid. Cara bacanya nun dibaca dengung serta ditahan 3 harakat
3. الْإِنْسَانَ : Terdapat 3 hukum bacaan tajwid. Pertama, Alif Lam Qomariyah karena huruf lam bertemu hamzah. Cara Bacanya lam dibaca jelas. Kedua, Ikhfa karena huruf nun sukun bertemu Sin. Cara bacanya dengan dengung dan ditahan 3 harakat. Ketiga, Mad Thabi'i (Mad Asli) karena huruf Sin berharakat fathah bertemu alif. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
4.  لَفِي : Terdapat hukum bacaan tajwid Mad Thabi'i karena huruf Fa berharakat kasrah bertemu Ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
5.  إِلَّا الَّذِينَ : Terdapat 2 hukum bacaan tajwid. Pertama, Alif Lam Syamsiyah karena huruf lam bertemu lam. Cara bacanya idgham dan masuk ke lam. Kedua, Mad Thabi'i karena huruf Dzal berharakat kasrah bertemu Ya sukun. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.
6.  آمَنُوا : Terdapat hukum bacaan tajwid Mad Badal karena huruf mad bertemu hamzah dalam satu kalimat. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat. 
7.  آمَنُوا وَعَمِلُوا : Terdapat hukum bacaan tajwid Mad Tamkin karena sebelum huruf wawu terdapat nun berharakat dhummah dan setelah huruf wawu sukun bertemu wawu berharakat fathah. Cara bacanya dipanjangkan 2 harakat.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: