Hirup Gas Beracun di Bawah Tanah, Penambang Emas di Sukabumi Tewas

Dharmawan Hadi · Selasa, 24 Agustus 2021 - 21:48:00 WIB
Hirup Gas Beracun di Bawah Tanah, Penambang Emas di Sukabumi Tewas
Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi tambang emas yang menewaskan korban Surya. (Foto: Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Surya (30), seorang penambang emas tewas akibat menghirup gas beracun di bekas galian di Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/8/2021) sekitar pukul 09.00 WIB. Korban diduga nekat masuk ke dalam bekas galian sebelum blower penyedot gas beracun dihidupkan.

Mamat (52), saksi mata mengatakan, sebelumnya korban Surya telah diingatkan untuk tidak masuk ke dalam lubang galian tambang emas tersebut sebelum blower angin dihidupkan.

"Saat blower angin baru dinyalakan sekitar 5 menit, korban masuk ke dalam lubang. Setelah 20 menit, korban tak kunjung keluar. Saat dilihat, korban sudah terlihat mengambang di lubang berkedalaman 15 meter," kata Mamat kepada wartawan.

Mamat menyatakan, melihat korban tak bergerak, para penambang meminta bantuan warga dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ciemas. Para penambang kesulitan mengevakuasi jasad korban Surya karena di dalam lubang tambang mengandung gas beracun.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Ciemas Aiptu Fery S mengatakan, setelah menerima laporan tersebut, petugas datang ke lokasi untuk mengevakuasi korban.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: