Hipmikimdo KBB: Banyak UMKM Terdampak Pandemi Belum Tersentuh Bantuan

Adi Haryanto · Sabtu, 09 Oktober 2021 - 17:00:00 WIB
Hipmikimdo KBB: Banyak UMKM Terdampak Pandemi Belum Tersentuh Bantuan
Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo), KBB, Saiful Rachman. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyatakan, banyak pelaku UMKM di yang benar-benar kesulitan, tak tersentuk bantuan pemerintah daerah. Padahal mereka sangat kesulitan, bahkan terancam gulung tikar akibat pandemi 2 tahun terakhir. 

Ketua Hipmikimdo KBB Saiful Rachman mengatakan, penyaluran bantuan anggaran Rp2,4 miliar yang digelontorkan Pemda KBB bagi pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19, harus transparan dan tepat sasaran. 

Tahun lalu, 2020, kata Saiful, ada bantuan kepada pelaku UMKM di KBB. Namun karena mekanisme penyaluran tidak jelas, banyak pelaku UMKM termasuk anggota Hipmikimdo, tidak dapat bantuan. 

"Jangan sampai tahun ini juga seperti itu lagi. Apalagi anggaran yang digelontorkan cukup besar Rp2,4 miliar. Makanya ini harus jadi perhatian bersama agar penyalurannya efektif dan tepat sasaran," kata Ketua Hipmikimdo KBB, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Syaiful, bantuan dari Pemda KBB kepada pelaku UMKM disaat pandemi seperti ini merupakan hal yang tepat. Hanya saja bantuan itu harus menyeluruh dan tidak ada pemilahan. Sehingga harus UMKM yang benar-benar layak dibantu dan sangat  membutuhkan bantuan yang bisa merasakan manfaatnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: