Heboh Surat Berisi Rekomendasi Siswa ke Sekolah Negeri, Ini Kata DPRD Jabar

Okezone, CDB Yudistira ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 10:03 WIB
Heboh Surat Berisi Rekomendasi Siswa ke Sekolah Negeri, Ini Kata DPRD Jabar
Surat rekomendasi DPRD Jabar (Foto Ist).

BANDUNG, iNews.id - Foto surat berkop DPRD Jabar yang berisikan rekomendasi agar‎ seseorang calon siswa‎ dapat diterima di sekolah negeri beredar heboh di media sosial. Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandung.

Dalam surat itu tertuang maksud dan tujuan pengirim surat, yang meminta kepada Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandung menerima seorang siswa pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jawa Barat tahun 2020‎.

Dibawah surat itu, tertulis dan tertanda tangan nama seseorang anggota DPRD Jabar, bernama Dadang Supriatna, dengan keterangan sebagai anggota DPRD Komisi V Provinsi Jawa Barat, dengan tanggal surat 10 Juni 2020.

Wakil Ketua Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya membenarkan surat tersebut. Menurut dia, surat tersebut hanya bersifat rekomendasi, dan bukan wajib dituruti.

"Alasan yang bersangkutan (pengirim surat) hanya untuk rekomendasi, bukan suatu paksaan," kata Hadi, Jumat (12/6/2020).

Hadi mengaku kecewa dengan keluarnya surat tersebut. Sebelum surat ini keluar, anggota DPRD telah membuat konsesus PPDB agar tidak memberikan rekomendasi. Namun ternyata malah dilanggar.

Atas hal itu, dia mengaku sudah berkordinasi dengan ‎Dinas Pendidikan Jabar untuk mengabaikan surat tersebut.

"Kita sudah membuat konsensus pada publik, namun malah dilanggar anggota kami sendiri. Untuk hindari hal serupa, saya sudah menghubungi ibu Kadisdik, untuk abaikan interfensi dari dewan. Cukup dibaca saja, dan beliau menyetujui," kata dia.


Editor : Faieq Hidayat