Heboh Seruan Benci Produk Asing, Ini Penyebab Produk Lokal Kurang Diminati 

Arif Budianto · Senin, 08 Maret 2021 - 08:39:00 WIB
Heboh Seruan Benci Produk Asing, Ini Penyebab Produk Lokal Kurang Diminati 
Konsumen sedang di sebuah showroom produk lokal Bandung. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pekan lalu, Indonesia dihebohkan oleh pernyataan Presiden Joko Widodo terkait benci produk asing dalam pembukaan rapat kerja nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kamis (4/3/2021). Seruan tersebut sontak mendapat respons beragam dari masyarakat. 

Untuk diketahui, seruan Presiden Joko Widodo keluar setelah mendapatkan laporan terkait ada e-commerce yang menjual produk barang lintas negara (barang impor) dengan praktik predatory pricing yang membunuh UMKM di Indonesia.

Tetapi, kenapa permintaan terhadap produk impor melalui e-commerce cukup tinggi? Menurut Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi, salah satu alasan utama masyarakat memilih produk asing adalah pertimbangan harga. Dengan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik, sejumlah produk asing lebih murah dibanding produk lokal.

"Daya saing produk lokal rendah terutama karena masalah logistik dan rantai pasok. Masalah logistik pelaku UMKM terjadi pada tahapan pengadaan dan penyimpanan bahan baku, serta distribusi produk jadi," kata Setijadi, Senin (8/3/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3