Heboh, Data Pemilih di Cianjur Diduga Bocor, Beredar Luas di Medsos

Mochamad Andi Ichsyan ยท Jumat, 16 September 2022 - 09:01:00 WIB
Heboh, Data Pemilih di Cianjur Diduga Bocor, Beredar Luas di Medsos
Data pemilih di KPUD Cianjur diduga bocor dan beredar luas di medsos. (Foto: iNews.id/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Data pemilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, beredar dan viral di media sosial. Warga Cianjur pun dibuat heboh dengan dugaan kebocoran data itu.

Dalam video akun @anonim di Instagram, postingan data pemilih tersebut terbilang cukup lengkap. Data itu berupa pemilih tetap pemilu yang terdiri dari nama lengkap, usia, alamat juga status pemilih se-Kabupaten Cianjur.

Saat dikonfirmasi ke KPUD Cianjur, data yang diduga bocor dan tersebar hingga viral di media sosial ini merupakan pemilih tahun 2014 yang lalu.

Menurut Komisioner KPUD Cianjur, Rustiman, jika dilihat dari data yang ada di media sosial, kemungkinan besar merupakan data pemilih tahun 2014. Data itu sudah tidak lagi dipakai sebagai acuan untuk pemilu yang akan datang.

"Berawal dari IG (Instagram), data itu diindikasikan data KPU dan data lama 2014, bukan hari ini. Sebenarnya Itu data publik. Namun, didapatkan dari mana? Kemungkinan berasal data yang sudah diumumkan dan diberikan ke beberapa pihak," kata Komisoner KPUD Cianjur, Rustiman, Jumat (16/9/2022).

Saat ini, kata dia, pihaknya justru terus-menerus melakukan pemutakhiran data pemilih dengan sistem keamanan yang sangat ketat, yang terhubung  secara online. Agar data pemilih tidak bocor, dicuri dan disalahgunakan, pihaknya telah diberikan intruksi dan peralatan  khusus dari KPU pusat. Sehingga tipis kemungkinan terjadi kebocoran data pemilih,

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: