Heboh, Angklung Milik Saung Udjo Dilelang Beredar di Medsos, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Arif Budianto ยท Sabtu, 26 Juni 2021 - 16:10:00 WIB
Heboh, Angklung Milik Saung Udjo Dilelang Beredar di Medsos, Ini yang Sebenarnya Terjadi
Salah satu pertunjukan di Saung Angklung Udjo. (Foto: Istimewa/surgawisata.id)

BANDUNG, iNews - Warga Kota Bandung dihebohkan dengan beredarnya daftar alat musik tradisional angkung mili Saung Angklung Udjo yang hendak dilelang di media sosial (medsos). Warganet menduga lelang itu terkait kondisi Suang Angklung Udjo yang semakin terpuruk sejak pandemi Covid-19.

Namun, ternyata yang sebenarnya terjadi bukan itu. Melainkan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai pengelola Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung berusaha memperkenalkan dan menyosialisasikan sistem lelang kepada masyarakat.

DIJKN memastikan bahwa hal itu salah satu program Kedai Lelang UMKM. Dalam program ini, DJKN melibatkan dua UMKM untuk memperkenalkan lelang kepada masyarakat umum. 

"Jadi, itu (foto lelang alat musik angklung) hanyalah program kami (DJKN) memperkenalkan lelang kepada masyarakat. Jadi lelang barang Saung Angklung Udjo bukan karena utang atau lainnya," kata Kepala Kanwil DJKN Jabar Tavianto Noegroho, Kamis (24/6/2021).

Tavianto menyatakan, DJKN memilih dua UMKM di Jabar untuk ikut memperkenalkan lelang. Salah satu UMKM yang mendapat kesempatan adalah Saung Angklung Udjo.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: