Waspada, Hujan Petir Akan Melanda Ciayumajakuning dan Sumedang

Inin nastain ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 13:15:00 WIB
Waspada, Hujan Petir Akan Melanda Ciayumajakuning dan Sumedang
ilustrasi

MAJALENGKA, iNews.id- Hujan petir diprakirakan akan melanda sebagian wilayah di Jawa Barat hari ini hingga besok, Kamis (7/1/2021). BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Majalengka memprakirakan, cuaca ekstrem dominan terjadi di Cirebon, Indramayu, Majalengka Kuningan (Ciayumajkuning) dan Sumedang.

Di Kabupaten Indramayu, titik dan durasi hujan dan petir terbilang paling dibanding daerah lain, yakni hanya terjadi di Kecamatan Tukdana. Peluang terjadi hujan antara pukul 16.00-19.00 WIB dan sebagian wilayah lain di kabupaten itu hanya hujan ringan. 

Sementara ketinggian gelombang laut di perairan Cirebon dan Indramayu, mengalami penurunan dibanding hari kemarin, Selasa (5/1/2021). Hal itu seiring dengan penurunan kecepatan angin di perairan itu.   

"Kemarin tinggi gelombang masuk level sedang, hari ini level rendah. Ini (prakiraan) berlaku per hari ini pukul 07.00 sampai 07.00 WIB besok," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Ahmad Faa Izyin, Rabu, (6/1/2021).

BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati mencatat, tinggi gelombang di perairan Cirebon dan Indramayu di angka 0,5-1,25 meter. Adapun sebelumnya, ketinggian gelombang mencapai 1,25-2,5 meter.

Adapun kecepatan angin hari ini hingga besok pagi di angka 20 kilometer per jam. Kecepatan itu mengalami penurunan dibanding kemarin di kisaran 30 kilometer per jam. "Pemicu utamanya (tinggi gelombang) kecepatan angin," jelas dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: