Hasil Uji Lapangan DPUTR, Jembatan Jembalas KBB Ambruk Ternyata karena Ini

Adi Haryanto ยท Kamis, 06 Januari 2022 - 12:36:00 WIB
Hasil Uji Lapangan DPUTR, Jembatan Jembalas KBB Ambruk Ternyata karena Ini
Jembatan Jembalas yang menghubungkan Kecamatan Cihampelas dan Batujajar ditutup setelah di bagian tengahnya patah dan ambruk. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan penyebab ambruknya Jembatan Jembalas karena pergeseran kontruksi. Pada saat pembangunan pertama tidak memperhitungkan ketika debit air sedang besar.

"Penyebab Jembatan Jembalas ambruk saat dilintasi marena konstruksi tiang penyangganya bergeser," kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, DPUTR, KBB, Aan Sopian, Kamis (6/1/2022).

Menurutnya, sebelum kejadian air Sungai Citarum yang dilintasi jembatan tersebut cukup deras. Debit air yang kencang membuat tiang konstruksi yang dibangun oleh pengelola mengalami pergeseran. 

Hal tersebut mengingat saat dibangunnya kontruksi jembatan tersebut, debit air sedang kecil. Sehingga tidak diperhitungkan saat kondisi debit air besar yang ternyata bisa menggeser konstruksi sehingga mengakibatkan kayu penyangga jembatan patah.

"Saat dibangun kontruksi debit airnya kecil. Sementara saat kejadian debit air naik besar, sehingga berdampak kepada kontruksinya," kata dia. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: