Harga Cabai Rawit Domba di Cianjur Rp110.000 Per Kg, Diprediksi hingga Lebaran

Antara ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 20:11:00 WIB
Harga Cabai Rawit Domba di Cianjur Rp110.000 Per Kg, Diprediksi hingga Lebaran
Harga cabai rawit domba diprediksi Rp110.000/kg hingga Lebaran nanti. Hal tersebut menyusul tingkat permintaan yang tinggi. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Harga cabai rawit domba di Kabupaten Cianjur diperkirakan akan tetap bertahan Rp110.000/kg hingga Idul Fitri mendatang. Mahalnya komoditas ini karena permintaan masyarakat masih cukup tinggi.   

"Perkiraan kami harga cabai rawit domba akan tetap bertahan dan tidak akan mengalami penurunan hingga Idul Fitri. Karena menjelang puasa hingga Lebaran tingkat pemakaian tinggi," kata Kepala Bidang Perdagangan Diskoperindagin Cianjur, Nana Rukmana, Rabu (3/3/2021).

Dinasnya mencatat, sejak satu pekan terakhir pasokan dan stok cabai rawit domba di tingkat agen hingga pedagang mulai berangsur normal. Akan tetapi tingkat pemesanan menjelang puasa dan Lebaran mulai tinggi. Sehingga harga diperkirakan akan bertahan diangka Rp110.000 hingga Idul Fitri.

"Menjelang puasa dan Lebaran, tingkat pemesanan dan angka pemakaian cabai rawit sudah terlihat. Sehingga harga akan tetap bertahan di atas, kemungkinan turun hingga harga normal masih cukup lama," ujarnya.

Namun pihaknya berusaha untuk mengendalikan harga cabai rawit tidak terus melambung dengan cara memastikan ketersedian stok di tingkat petani hingga agen, agar harga tidak lagi merangkak naik terutama menjelang masuknya puasa dan menjelang Lebaran.

"Dinas juga sulit mencari cara bagaimana agar harga turun. Tapi biasanya harga cabai akan turun dengan sendirinya setelah tingkat pemakaian tidak lagi tinggi. Paling kita menjaga bagimana caranya stok cabai rawit domba akan tetap ada meskipun mahal," tutur dia.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2