Habib Bahar Sempat Minta Pengikut Hapus Video Penganiayaan 2 Bocah

Okezone ยท Rabu, 19 Desember 2018 - 12:11 WIB
Habib Bahar Sempat Minta Pengikut Hapus Video Penganiayaan 2 Bocah
Habib Bahar bin Smith. (Foto: Okezone)

BANDUNG, iNews.id – Polda Jawa Barat (Jabar) terus mendalami kasus penganiayaan yang menjerat Habib Bahar bin Smith. Dari pemeriksaan terungkap, Habib Bahar sempat meminta para pengikutnya menghapus video penganiayaan terhadap dua bocah berinisial CAJ (18) dan MKU (17) sebelum akhirnya viral.

“BS (Habib Bahar) memerintahkan kepada komunitas PHB (komunitas pecinta BS) se-Indonesia untuk menghapus video yang viral, namun ternyata sudah telanjur beredar luas,” ‎ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat Kombes Iksantyo Bagus di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018).

Video yang beredar luas itu berjudul “'Viral! Habib Palsu Mengaku BS”. Isinya tentang interograsi Habib Bahar kepada kedua orang yang sudah dalam keadaan terluka tentang mengapa mereka mengaku menjadi habib.


Dalam kasus penganiayaan itu, polisi telah menetapkan Habib Bahar sebagai tersangka. Habib Bahar pun langsung ditahan usai diperiksa di Polda Jabar.

Polisi menjerat Habib Bahar dengan pasal berlapis, yakni Pasal 170 ayat (2), Pasal 351 ayat (2), Pasal 333 ayat (2) dan Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

“BS (Bahar Smith) ditahan untuk proses hukum,” ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar.


Penetapan tersangka berdasarkan alat bukti video yang diperoleh penyidik. Video itu telah membuktikan Habib Bahar melakukan penganiayaan terhadap dua orang korbannya.

“Kami prinsipnya berdasarkan bukti yang ada kami ajukan. Banyak video. Itu kan bisa dikonfrontir semua korban kemudian tersangka sendiri yang dua orang ditahan di Bogor sudah mengakui itu atas perintah BS (Bahar Smith),” paparnya.


Editor : Maria Christina