Gegara Posting Foto Paslon Bupati, ASN Indramayu Diperiksa Bawaslu

Toiskandar · Jumat, 16 Oktober 2020 - 11:05:00 WIB
Gegara Posting Foto Paslon Bupati, ASN Indramayu Diperiksa Bawaslu
Bawaslu Indramayu memeriksa ASN terkait dugaan netralitas Pilkada 2020. (Foto iNews/Toiskandar).

INDRAMAYU, iNews.id - Aparatur sipil negara (ASN) bernama Sigit Widiyanto diperiksa Bawaslu Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terkait dugaan pelanggaran netralitas di Pilkada 2020. Pasalnya Sigit memosting foto salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati di media sosial.

Pemilik akun Joy Sigit, Sigit Widiyanto mengatakan postingan tersebut tidak ada muatan politis apapun. Tujuan postingan itu juga tidak ada maksud tertentu.

"Secara nurani tidak ada muatan (politis) dan saya cuma memotong (crop) foto dari teman," kata Sigit di Indramayu, Jumat (16/10/2020).

Dalam akun Facebooknya, Sigit memosting HUT TNI ke-75 pada 5 Oktober lalu dengan menempelkan foto pasangan calon nomor urut 3 yaitu Daniel Muttaqien Syafiuddin-Taufik Hidayat. Dalam postingan itu, Sigit juga menulis kalimat mantap yang merupakan singkatan nama paslon Daniel dan Taufik.

"Saya pikir bapak bupati mantan kepala daerah dan Bung Daniel tokoh pemuda tanpa disadari masuk massa kampanye," ucap dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi mengaku sedang mengkaji laporan dugaan netralitas ASN tersebut. Barang bukti yang dikumpulkan yaitu screenshoot akun medos yang didapatkan dari pelapor dan keterangan saksi.

"Kami masih mengkaji apakah masuk disiplin PNS ASN atau ada pelanggaran lain," ucap Nurhadi.

Diketahui, Pilkada Indramayu diikuti empat pasangan calon. Nomor urut 1 pasangan Muhammad Sholihin–Ratnawati diusung oleh PKB, Demokrat, PKS dan Hanura.

Nomor urut 2 pasangan Toto Sucartono–Deis Handika dari jalur perseorangan. Sedangkan nomor urut 3 pasangan Daniel Mutaqin Syafiuddin–Taufik Hidayat diusung oleh Partai Golkar.

Terakhir nomor urut 4 pasangan Nina Agustina Da’i Bachtiar–Lucky Hakim diusung oleh PDIP, Gerindra, Nasdem dan Perindo.


Editor : Faieq Hidayat