Gedebage Sempat Disergap Banjir, Ini Langkah Pemkot Bandung untuk Penanganan

Arif Budianto ยท Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:12:00 WIB
Gedebage Sempat Disergap Banjir, Ini Langkah Pemkot Bandung untuk Penanganan
Kendaraan terpantau macet di Gedebage, Kota Bandung, setelah sempat disergap banjir. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung segera mengambil beberapa langkah konkret untuk mengurai banjir yang sering terjadi di Gedebage saat musim hujan tiba. Salah satunya yaitu mengaktifkan kembali Sungai Cisaranten lama. 

Kepala Bidang Pengendalian Daya Rusak Air Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Dini Dianawati mengaku intens berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Balai Air Tanah dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk mengaktifkan kembali sungai Cisaranten Lama pada tahun 2023 mendatang.

"Untuk menyedot area Rancabolang, kita koordinasi dengan provinsi dan BBWS. Mau mengaktifkan Sungai Cisaranten Lama di tahun 2023. Kita masih menunggu dari gebrakan pusat dengan BBWS untuk mengaktifkan Sungai Cisaranten Lama serta perbaikan drainase di jalan nasional seperti Jalan Soekarno Hatta," kata dia. 

Dia menyatakan, Pemkot Bandung juga telah menyediakan beberapa rumah pompa untuk mencegah banjir di daerah Perumahan Bumi Adipura dan Rancabolang. Selain itu, memperbaiki saluran drainase, dan intens melakukan pemeliharaan, pengerukan sampah di gorong-gorong, serta penambalan jalan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: