Garut Targetkan 60 Desa Wisata Baru di 2020

Antara ยท Minggu, 09 Februari 2020 - 15:35 WIB
Garut Targetkan 60 Desa Wisata Baru di 2020
Desa Wisata di Garut, Minggu (9/2/2020) (Foto:Antara)

GARUT, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, menargetkan tahun 2020 membentuk 60 desa wisata. Diharapkan desa wisata tersebut dapat meningkatkan jumlah turis ke Garut.

"Selama ini baru 30 desa wisata, kami menargetkan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ada 60 desa di tahun 2020," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Aji Sukarmadji, Minggu (9/2/2020).

Dia menuturkan, desa yang tersebar di 42 kecamatan Kabupaten Garut, memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan untuk memberikan nilai manfaat bagi masyarakat desa.

Selama ini, kata dia, sudah banyak desa di Garut berhasil mengembangkan potensi desa wisata, bahkan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

"Desa di Kabupaten Garut mendapat penghargaan dalam lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2019," kata Aji.

Dia menyampaikan wisata yang memiliki daya tarik selain sektor wisata alam yakni agrowisata di Kecamatan Pasirwangi.

"Agrowisata di Pasirwangi sangat mendukung untuk dilakukan kerja sama antar desa dalam meningkatkan pariwisata," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Garut yang menjadi kawasan sentra kopi dapat menjadi daya tarik untuk terus dikembangkan sehingga memberikan keuntungan bagi masyarakat desa.

"Garut ini sentra kopi, begitu besar potensi kopi di Garut, sangat khas, bahkan sudah masuk ke pasaran internasional," katanya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq