Exit Tol Gedebage Bandung Ditargetkan Aktif Tahun Ini

Arif Budianto ยท Jumat, 18 Februari 2022 - 13:52:00 WIB
Exit Tol Gedebage Bandung Ditargetkan Aktif Tahun Ini
Exit Tol Gedebage di Km 149 Bandung ditargetkan bisa aktif tahun ini. (Foto: Ant)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung menargetkan exit tol Km 149 Gedebage yang terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi bisa dibuka pada tahun ini. Saat ini, beberapa persyaratan terus dipenuhi agar pembukaan bisa segera dilakukan. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, tahun ini kemungkinan besar exit tol 149 sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Sebab, beberapa syarat pembangunan yang kemarin sempat menjadi 'PR', sekarang telah selesai. 

"Kira-kira tahun ini bisa direalisasikan karena beberapa hal yang diminta untuk diselesaikan itu sudah beres sekarang, seperti amdal dan lalin (lalu lintas). Lalu, beberapa persyaratan dari provinsi ke pusat pun sedang proses, status penetapan jalan juga sudah berproses. Kalau semua bisa bersinergi, tahun ini tol bisa kita fungsikan," ujarnya.

Meski menurut Ema proyek exit tol ini bukan hal yang mendesak, tapi kebermanfaatan jangka panjangnya akan sangat terasa oleh masyarakat. 

Terutama masyarakat Bandung yang ada di sekitar Ujungberung, Cibiru, Arcamanik, Cibiru, dan Margahayu yang akan menuju ke Jakarta. 

"Saya punya keyakinan, penggunanya akan lebih banyak dari masyarakat di luar kawasan ini. Bisa jadi nanti banyaknya dari warga Cibiru, Ujungberung, Arcamanik, atau Margahayu. Maka, saya pikir ini sangat logis jika pembangunannya dipercepat dari yang tol existing sekarang ke exit tol Gedebage Selatan yang tersambung dengan perempatan Soekarno Hatta," tuturnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: