Doa Naik Kendaraan Lengkap dengan Arab, Latin, Arti

Kastolani ยท Sabtu, 24 September 2022 - 06:30:00 WIB
Doa Naik Kendaraan Lengkap dengan Arab, Latin, Arti
Doa Naik Kendaraan sesuai Sunnah Nabi SAW agar ketika bepergian mendapat keselamatan. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Doa naik kendaraan baik darat, laut, patut dibaca sebelum bepergian agar selamat sampai tujuan. Rasulullah SAW pun mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa saat naik kendaraan.

Safar atau bepergian dengan naik kendaraan kerap dilakukan masyarakat terutama di akhir pekan maupun musim libur. Mereka menjadi musafir dengan beragam tujuan mulai dari pergi ke tempat wisata, ziarah maupun bersilaturahmi ke sanak famili.

Ustaz Ahmad Sarwat MA dalam bukunya Fiqih Musafir menjelaskan, safar pada masa lalu tentu berbeda dengan zaman sekarang yang serba mudah. 

Safar pada masa lalu disebut bagian dari adzab (siksa) sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW. 

"Safar adalah bagian dari adzab (siksa). Ketika safar salah seorang dari kalian akan sulit makan, minum dan tidur. Jika urusannya telah selesai, bersegeralah kembali kepada keluarganya". (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka masuk akal ketika syariat Islam turun dengan memberikan berbagai keringanan bagi musafir, seperti dalam thaharah, shalat dan puasa.

Doa Naik Kendaraan

Agar safar yang dilakukan mendapat perlindungan dan keselamatan sangat dianjurkan untuk membaca doa naik kendaraan. 

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abdullah ibnu Umar radhiallahu anhu mengatakan, bahwa Nabi Saw apabila mengendarai unta bertakbir tiga kali, kemudian membaca doa:

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: