DLH KBB Terima Aduan Polusi Batu Bara, Perusahaan Diminta Ganti Cerobong Asap

Adi Haryanto ยท Kamis, 11 Agustus 2022 - 12:33:00 WIB
DLH KBB Terima Aduan Polusi Batu Bara, Perusahaan Diminta Ganti Cerobong Asap
Warga Kampung Cibingbin, memperlihatkan abu polusi yang diduga dari pembakaran batu bara industri peleburan logam yang berjatuhan ke permukiman. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku sudah menerima pengaduan dari masyarakat Kampung Cibingbin. Pengaduan tersebut terkait soal limbah abu batu bara pabrik yang melanda permukiman.

Dampak dari polusi itu warga dua RT di RW 04 Kampung Cibingbin yakni RT 03 dan 06, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten, KBB, ada yang kesehatannya terganggu karena polusi abu batu bara dari aktivitas pabrik itu berterbangan ke permukiman.

"Sudah ada laporan pengaduan dari masyarakat, sudah ditangani dan pabrik itu sedang dibina," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, DLH KBB, Idad Saadudin, Kamis (11/8/2022).

Diakuinya pabrik yang kerap menyebabkan hujan abu tersebut memang bermasalah sejak lama. Warga juga sebenarnya sudah mengadukan langsung ke perusahaan, tapi memang belum ada tanggapan atau perbaikan dari perusahaan tersebut. 

"Pihak perusahaan hanya masang pembatas, tapi kan berdampak karena debunya tetap ke permukiman," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: